Cara Menyemai Biji Jagung yang Baik dan Benar

ID 1719

Agrotani.comCara Menyemai Biji Jagung – Pada proses budidaya tanaman jagung, tentunya kita harus menyemai terlebih dahulu biji jagung tersebut. Menyemai biji jagung tentu ada caranya dan tidak boleh asal asalan. Dengan menyemai biji jagung yang benar maka akan menghasilkan bibit yang seragam, selain itu juga meminimalisir kerugian dari matinya benih-benih yang tidak tumbuh.

Sebelum masuk ke langkah menyemai biji jagung, anda harus mengetahui terlebih dahulu benih jagung yang unggul itu seperti apa dan bagaimana cirri-cirinya. Dengan menggunakan benih unggul maka selain tanamannya akan tumbuh bagus, hasilnya juga akan maksimal. Sehingga berbudidaya tanaman jagung ini bisa menguntungkan.

Cara Menyemai Biji Jagung

Cara Menyemai Biji Jagung

Pada kesempatan kali ini Agrotani.com akan berbagi cara bagaimana menyiapkan benih jagung yang unggul dan bagaimana cara menyemai benih yang sudah disiapkan tersebut. Mari simak ulasannya berikut ini.


Menyiapkan Benih Jagung Unggul


Benih jagung unggul atau sering disebut benih hibrida banyak dijual di toko sarana produksi pertanian. Karena kualitasnya bagus, maka harganya agak mahal. Tapi jangan khawatir, Jika benih tersebut sulit diperoleh bisa juga didapat dengan cara menyiapkan sendiri. Berikut cara menyiapkan benih jagung yang unggul :

  1. Pilih tongkol jagung yang besar dari tanaman yang sehat.
  2. Tongkol dipetik setelah daun tanaman mengering. Berikutnya tongkol dikupas, lalu dijemur hingga kering betul.
  3. Untuk benih, ambil biji dari bagian tengah tongkol. Biji yang terdapat di bagian pangkal dan ujung tongkol kualitasnya kurang bagus.

Cara Menanam Benih Jagung yang Baik


  1. Lahan yang telah disiapkan diairisehingga lembap. Selanjutnya buat lubang tanam dengan tugal. Jarak tanam 40 x 100 cm.
  2. Setiap lubang tanam diisi 2-3 butir benih, lalu tutup dengan tanah.
  3. Bila dalam 7-10 hari benih belum tumbuh, atau pertumbuhannya jelek, segera dilakukan penyulaman.

Demikianlan beberapa cara menyiapkan benih jagung sendiri tanpa membelinya dari toko, dan cara-cara menyemai biji jagung yang baik dan benar. Semoga paparan di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Dan semoga hasil dari budidaya jagung ini bisa menguntungkan dan hasilnya melimpah. Jika ada yang tidak bisa dimengerti, silahkan gunakan fitur Forun yang sudah kami sediakan. Kamu bisa bertanya seputar dunia pertanian disana. Jangan lupa daftar dulu jadi member Agrotani.com yaa.

PersemaianTanaman Jagung