Cara meningkatkan kualitas produksi pangan

ID 3716

Agrotani.com – Bagaimana untuk meningkatkan produksi hasil pertanian khususnya pangan ? di sini membutuhkan lahan dengan produktivitas tinggi. Untuk mendukung ketahanan pangan maka yang harus di lakukan adalah memanfaatkan lahan pertanian sebaik-baiknya, disini harus mendorong perubahan pertanian yang tadinya non-organik menjadi organik dan bagaimanapuncaranya hal ini harus dihujudkan.

Padi Unggul dan Berkualitas

Kualitas atau produktifitas hasil pertanian turun atau meningkatnya di pengaruhi oleh SDM petani serta kualitas bibit yang baik atau unggul. Menurut Las dan Mulyani (2008) dari 188.2 juta ha luas daratan Indonesia, 94.7 juta ha merupakan lahan yang sesuai untuk pengembangan pertanian baik berupa lahan basah maupun lahan kering.

Dari data tersebut, Lahan kering yang sesuai untuk pengembangan pertanian tanaman semusim adalah 25.1 juta ha dan hanya 7.08 juta ha tersedia. Namun tidak demikian, luas lahan tersebut akan semakin berkurang akibat persaingan penggunaan berbagai sektor. Di samping itu, pemanfaatan lahan yang tidak memperhatikan aspek konservasi tanah dan air dapat mempercepat degradasi lahan yang selanjutnya mengancam ketersediaan pangan.
Kesuburan tanah semakin berkurang karena dampak pupuk non-organik yang secara gila digunakan tanpa memikirkan keberlangsungan waktu yang akan datang. Hampir semua tanaman yang tergolong pada tanaman pangan semakin buruk kualitasnya karena lahan atau tanah yang semakin buruk serta bibit yang jelek menjadi factor yang sangat serius dan harus secara cepat diperhatikan. Tanaman pangan akan berproduksi tinggi jika sarana dan prasarana serta pembudidayaan dikerjakan dengan baik dan benar.

Cara yang tepat untuk meningkatkan produktifitas tanaman pangan adalah dengan cara meningkatkan kesuburan tanah serta bibit unggu dan budidaya yang benar. Semua orang mengetahuinya, bertani itu tidak mudah namun dengan didasari pengetahuan pertanian akan mudah dikerjakan.

Perkembangan teknologi pertanian semakin berkembang dan semakin maju, mulai dari mekanisasi sampai inovasi produk pertanian khususnya pangan semakin beragam dan menuju yang lebih baik. Tidak bisa lepas dari alam tanaman membutuhkan siklus hidup mereka masing-masing dan syarat tumbuh yang harus di penuhi.
Jadi jika ingin meningkatkan produktivitas pangan perhatikan kesuburan tanah, bibit unggul dan cara budidaya yang baik.

Baca juga :

Tanaman Pangan