DAFTAR
MASUK

Cara Menghilangkan Sifat Mengeram Pada Ayam Kampung

Cara Menghilangkan Sifat Mengeram Pada Ayam Kampung

Agrotani.comSifat mengeram merupakan hal yang umum yang dilakukan oleh ayam buras termasuk ayam lainnya. setelah ayam bertelur naluri indukan ayam akan mengerami telurnya untuk menetaskan telurnya, ketika ayam sudah muncul sifat mengeramnya biasanya ayam akan sangat sensitif dalam emosionalnya, ketiak ada yang menggangunya dia akan mematuknya. dalam teknologi pembanyakan reproduksi telur sifat mengeram merupakan halangan untuk meningkatkan produkstivitasnya, maka dalam hal ini untuk meningkatkan reproduksi produksi telur ayam buras perlu adanya cara untuk mengatasi hal itu.

Cara Menghilangkan Sifat Mengeram Pada Ayam Kampung

Menurut sudaryani dan santosa dalam penelitiannya tahun 1995, sifat mengeram ayam buras masih tinggi, lama pengeraman biasanya 21 hari. kemudian induk ayam ini akan mengasuh anak-anaknya sehingga menyita masa produktifnya.

Ayam dimandikan


Cara Menghilangkan Sifat Mengeram Pada Ayam Kampung dalam mengurangi masa pengeraman (telur ditetaskan menggunakan mesin tetas buatan ) maka setelah selesai bertelur satu periode dan kelihatan ada tanda mulai mengeram ( bulu ayam mekar mengeluarkan bunyi bila didekati) maka induk ayam tersebut dimandikan/dicelup-celupkan ke dalam air). hal ini berfungsi ganda maka dalam air mandinya dibubuhi dengan obat pembasmi kutu/gurem (cyperkiller, misalnya ). ayam dimandikan 3 kali sehari dan dikurung pada tempat yang cukup matahari selama kurang lebih enam hari sampai naluri mengeram hilang.

Pemberian obat


Cara Menghilangkan Sifat Mengeram Pada Ayam Kampung lainnya adalah pemberian parasetamol 60 – 65 mg/kg berat badan ayam/hari. 6-11 hari dapat menghilangkan sifat mengeram.

Itulah Cara Menghilangkan Sifat Mengeram Pada Ayam Kampung, yang mana teknik tersebut bisa meningkatkan produktivitas ayam buras dalam menghasilkan telur. ini bagus sekali bagia anda yang ingin beternak ayam kampung dalam pembiakannaya atau penjualan telurnya, beternak dalam ayam kampung memang sangat berpotensi sekali karena memang dalam pemasarannya, ayam kampung/ayam buras tidak begitu sulit. banyak orang yang mencarinya.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Ayam Kampung


Tinggalkan pesan "Cara Menghilangkan Sifat Mengeram Pada Ayam Kampung"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.