Cara menanam tanaman hidroponik bagi pemula

ID 3619

hidro

Agrotani.com – Bagi para ahli hidroponik tentu menanam tanaman hidroponik sangat mudah, bagaimana dengan kita yang baru menanam dan bahkan baru mempelajarinya. Namun dari Pengertian Hidroponik tersebut media yang di gunakan tidak semuanya serba canggih dan biologis hanya saja semua sistem yang seperti di negara maju sudah menggunakan auto dan multi fungsi. Jika anda melihat di negara maju seperti jepang dan negara – negara maju lainya, menanam hidroponik dari mulai pengolahan sampai pasca panen sudah menggunakan system canggih, jadi ketika menekan satu tombol penyiraman dan pemeliharaan sudah cukup. Mereka tidak menggunakan system manual lagi. Pertumbuhan hidroponik pada dasarnya sama dengan tanamana yang di tanaman di tanah, namun unsur hara yang dibutuhkan di alihkan kepada air, dan penompang batang serta akar di ubah dengan media lain yang bertujuan sama seperti tanah. Jika anda baru belajar menanam hidroponik anda bisa memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai dan diubah menjadi media tumbuh tanaman hidroponik.

System hidroponik ini bernama Hidroponik sistem Wick, ini sangat cocok sekali untuk kita yang baru belajar. Jika anda sudah paham dan ingin mengembangakannya lebih besar sekala bisnis anda sudah memahami system pertumbuhan dan pencegahan hama penyakit.

Cara bertanam hidroponik dengan sistem wick.

Jika anda menyangka system yang digunakan pada hidroponik rumit seperti yang di jelaskan pada website pertanian di pencarian google tentu ini lebih mudah. Hanya menggunakan botol bekas itu sudah sangat cukup.
Ada beberapa bahan yang harus anda siapkan untuk membuatnya. Berikut ini adalah bahan – bahan menanam hidroponikuntuk pemula :

  1. Botol bekas minuman mineral 1,5 – 2 liter.
  2. Gunting sebagai pemotong
  3. Media tanama seperti sekam bakar, cocopeat.
  4. Solder sebagai pelubang atau besi panas untuk membuat bolong
  5. Kain flanel.
  6. Nutrisi hidroponik / pupuk hidroponik anda bisa membeli di toko pertanian biasanya pupuk AB Mix.

Langkah-langkah menanam hidroponik.

a. Potong botol bekas air mineral dengan gunting

b. Pada bagain bawah dan samping botol bekas yang sudah di potong beri lubang kecil menggunakan solder, tujuanya jika air nutrisi berlebihan air akan turun pada lubang dan sebagai rongga masuknya osigen pada tanamn.

c. Buat beberapa lubang pada tutup botol air mineral, kemudian untai dengan kain flanel.

d. Kain flanel yang sudah di untai tadi bertujuan mengangkut air nutrisi dari bawah ke akar tanaman hidroponik.

e. Jika pembuatan tempat menanam sudah siap, anda bisa memasukan bibit tanaman ke botol, disarankan anda menanam bibit yang sudah cukup umur biasanya di tandai dengan 4 helai daun.

hidro

Masukan hutrisi pada bagian potongan botol di bagian bawah.

Jika anda memiliki pH meter dan RPM anda bisa mengukur pH air yang terdapat pada bagian bawah potongan. Alat pengukur tersebut bisa memaksimalkan kinerja pada syarat tumbuh pada tanaman hidroponik. Menanam hidroponik sangat mudah bukan sekarang tinggal anda mempraktekanya di rumah.

Hidroponik