DAFTAR
MASUK

Cara mudah menanam pepaya di pekarangan rumah agar cepat berbuah lebat

Cara mudah menanam pepaya di pekarangan rumah agar cepat berbuah lebat

Agrotani.com – Cara menanam pepaya di pekarangan rumah sangat mudah sekali dilakukan, tidak seperti di kebun. Di kebun bisanya dilakukan dengan sekala besar atau tanaman pepaya yang di tanam berjumlah banyak. Dalam penanaman yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan beberapa tanaman lainya seperti menanam tanaman mangga, menanam kelengkeng dan jenis tanaman buah lainnya. Untuk bisa menanam dengan hasil buah yang maksimal saya sarankan anda sudah menyiapkan beberapa varietas pepaya yang bagus dan sudah terbukti produktivitasnya. Untuk penyedian bibit tanaman pepaya anda bisa mendapatkannya di toko pertanian atau ada rekan anda yang memilikinya.

Di Indonesia tanaman pepaya tumbuh subur dan memungkinkan sekali untuk anda tanam di pekarangan rumah. Kandungan dan manfaat pepaya ini sudah tidak diragukan lagi, beberapa vitamin dan khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan kita. Pada 1 buah pepaya mengandung vitamin B kompleks seperti niacin, folat, tiamin dan masih banyak jenis vitamin lainnya seperti vitamin A, C, E dan vitamin K.

Tentu saja jika kita bahas tentang buah pepaya yang kaya akan kandungan vitamin dan lainnya tidak akan ada habisnya. Beberapa mineral yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya zat besi, kalsium, magnesium, zinc, fosfor dan sering sekali digunakan untuk produk kecantikan dan melancarkan pecernaan cocok sekali untuk keluarga anda.

Lebih awal dan tidak bisa anda anggap sepele tentang varietas pepaya yang nantinya menentukan buah yang enak. Saya anggap anda sudah memiliki bibit pepaya dan sekarang waktunya anda bekerja di pekarangan rumah.

1. Menanam Langsung di Tanah Pekarangan Rumah

Buat lubang tanam sesuai kebutuhan anda. Jika anda memilih menanam lebih dari satu tanaman maka jarak tanam yang di butuhkan adalah 2 x 2 meter. Saya lebih menyarankan untuk anda menanam pohon pepaya yang di buat mini, hal ini karena anda menanam di pekarangan rumah, jadi ini sangat membantu jika anda panen nanti lebih mudah untuk memetik buahnya. Untuk membuat hal ini tidak repot dan berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat pohon pepaya menjadi mini:

  • Buat lubang tanam sedalam setengah meter kemudian anda masukan pupuk kompos dan sekam padi kedalam lubang tanam tersebut, campurkan dengan tanah dan pastikan media tanam itu gembur.
  • Masukan bibit ke dalam lubang tanam dan kubur hanya sampai pangkal batang.
  • Kita berikan ajir pada bagian tanaman dan tancapkan di pinggir bibit. (Jangan terlalu dekat karena merusak [perakaran])
  • Setelah anda tanam kemudian anda siram, lakukan penyiraman 2 kali sehari.
  • Setelah tanaman berusia 1 bulan kisaran tinggi setengah meter anda potong bagian pupusnya.
  • Biarkan tanaman seperti itu hingga keluar tunas baru yang tumbuh.
  • Jika tunas baru sudah tumbuh anda perlu memilih bagian tunas, pilih tunas yang terbaik menurut anda untuk nantinya tunas baru tersebut kita jadikan sebagai pendang buah. Biasanya tunas baru akan tumbuh setelah satu minggu. Dan sisakan satu tunas terbaik.
  • Pemeliharaan dilakukan denga cara penyiraman setiap pagi dan sore dan perawatan lainnya seperti mencegah hama dan penyakit dan perawatan lainnya seperti pemeliharaan tanaman lainnya.

2. Penanaman dengan menggunakan Pot

Mungkin agak berbedan dengan penanaman di atas, ini menggunakan pot besar. Biasanya tanaman pepaya yang ditanam di pot lebih jelas kecil karena cakupanya lebih sempit. Saya sarankan anda menanam dengan jenis varietas kalina untuk bibitnya.

Untuk mendapatkan bibit tanaman anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat, biasanya jika kita membeli di toko pertanian kita harus menyemainya. Cara menyemai benih tersebut anda buat media semai dengan campuran tanah, arang sekam, dan pupuk kompos perbandingannya 1:1:1 campurkan semua bahan tersebut dan mulailah menyemai.

Setelah bibit berumur 10-15 hari anda bisa menanamnya ke pot, untuk media pot campurannya sama namun lebih bagus lagi jika anda menambahkan pupuk NPK kedalam campuran media tersebut. Tanam bibit kedalam pot yang ukurannya cukup besar dari biasanya.

Saya yakin anda bisa menanamnya jadi saya tidak perlu menjelaskanya lagi, anda hanya membutuhkan cara perawatannya saja. Untuk perawatan yang harus anda lakukan harus benar dan tepat, penanaman di dalam pot sangat beda sekali dengan penanaman dengan penanaman di lahan. Jika anda tanam di lahan tanaman pepaya bisa mencari nutrisi dari beberapa media yang tersedia (mencari sendiri), berbeda dengan di tanam di pot, tanaman ini lebih mengandalkan unsur hara yang berada pada media tanaman saja.

Yang harus anda kerjakan hanya menyiram dan memupuk, dan saya yakin anda hafal dengan pekerjaan ini. Saya katakan lagi penanaman tanaman pepaya di pot tidak ribet. Untuk melakukan pemupukan anda hanya menaburkan pupuk NPK ke sekeliling daerah perakaran setiap 1 bulan sekali. Anda harus menyimpan tanaman ini pada bagian tempat yang mudah terkena matahari yang cukup dan usahakan jangan terkena hujan secara langsung. Perhatikan beberapa pertumbuhannya saya yakin ini mudah dilakukan untuk anda. Semoga penanaman pepaya di pekarangan rumah anda berhasil, jika ada pertannyaan langsung masuk forum kami saja. Masuk Forum

Baca Juga:

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Pepaya


Tinggalkan pesan "Cara mudah menanam pepaya di pekarangan rumah agar cepat berbuah lebat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.