DAFTAR
MASUK

Cara menanam bonsai pemula dari awal sampai pemasaran

ID 811 Di BLOG
Cara menanam bonsai pemula dari awal sampai pemasaran

Agrotani.com – Bonsai merupakan miniatur tanaman besar yang dan tanaman ini mulai pertamakali dikenalkan di jepang. Bonsai adalah teknik untuk mengkeredilkan tanaman dengan berbagai teknik. Dari perlakuan yang kita lakukan tentu saja berbeda-beda, hal ini di aplikasikan pada setiap tanaman yang berbeda perlakuanya juga berbeda.

Secara bisnis sangat menjanjikan tanaman ini untuk dikembangkan, penggemar bonsai adalah seni bukan asal tanaman saja. Jadi penggunaan teknik tentu saja sangat dibutuhkan untuk menciptakan tanaman kita bisa tampil sangat cantik.

Untuk bahan bonsai biasanya diambil di hutan dan memang membutuhkan sedikit petualangan jika kamu ingin mendapatkanya. Namun kamu juga bisa mengembangbiakan dengan cara perbanyakan stek.

Stek membutuhkan waktu yang sangat banyak untuk menumbuhkan, hal ini sangat baik jika kamu memiliki waktu panjang. Bahan yang ideal menurut pengalaman saya, dari beberapa pohon tua yang warga tebang. Pohon beringin dan pohon besar lainnya bisa kita jadikan bonsai dan kita harus menanamnya.

Perawatan yang pertama kita harus memiliki bahan yang kita anggap ini memiliki bentuk unik dan berbeda dari yang lainnya, tentu jika kita bahas bagaimana caranya akan panjang ceritanya. Kalo ada kesempatan mungkin nanti kita bahas melalu bab.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Pilih bahan bonsai
  2. Bibit dipelihara (kebutuhan tanaman harus terjaga)
  3. Memilih pot dan membentuk bonsai
  4. Pemeliharaan bonsai
  5. Pemasaran bonsai

Pilih bahan bonsai


Pemilihan bahan bonsai harus memiliki sasaran dari jenis tanaman apa yang akan kamu buat bonsai. Jika dirasa sudah menargetkan kamu tinggal mencarinya di hutan atau membeli ke toko bibit yang ada di daerah kamu. Untuk penghobi biasanya mereka memiliki koleksi bonsai lengkap dengan bahanya datangi dan tawar bahanya.

Bahan biasanya sudah di tanam di karung untuk merangsang akar. Bahan sangat menentukan sekali bonsai itu baik atau jelek jadi kamu harus memilih dengan cermat seperti selera kamu. Dari berbagai tahapan perlakuan bahan, ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama dan pertumbuhannya paling bisa di percepat dengan teknik tertentu yaitu dengan ZPT untuk merangsang akar.

Sudah tersedia di toko pertanian khusus perangsang akar bonsai. Bahan ini kita pastikan dulu sudah siap atau belum untuk di pindahkan di pot. Jadi intinya jika kamu sudah punya bahan di alam lebih baik kamu rangsang dulu akarnya atau lihat organ batang sampai akar sudah siap atau belum. Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana ditelnya soalnya dari jenis tanaman itu berbeda-beda kamu menanam bonsai apa. Kamu pindahkan ke karung yang sudah di isi oleh media tanam. Untuk cara membuat media tanam mungkin kamu sudah tau yaitu dengan mencampur tanah dan pupuk kompos pokoknya tanah yang subur.

Pemeliharaan bibit


Untuk memelihara bibit yang sudah ada dalam perangsangan tumbuh, kamu harus bisa menilai bakalan. Bahan yang kita pelihara ini belum tentu bagus namun selera orang berbeda-beda itu tergantu kamu. Lagi – lagi saya katakan bonsai adalah seni.

Setiap 2 bulan sekali baiknya kamu ganti media tanam dengan yang baru, karena media tanam yang sudah lama tidak bagus juga soalnya unsur hara di dalamnya sudah mulai hilang di serap oleh tanaman.

Kamu harus rajin menyiram setiap pagi dan sore, jika kondisi tanahnya masih lembab kamu tidak perlu menyiramnya. Jangan biarkan tanaman bakalan bonsai ini mati karena kurang pemeliharaan. Konyol juga jika sudah lama di pelihara kemudia bonsai bakalan mati.

Pot Bonsai


Bonsai seperti yang kita tahu bahwa pot ini berpengaruh sekali pada tampilan mereka saat lomba atau tumbuh dewasa. Kamu harus pintar memilih pot yang cocok untuk jenis bonsai yang kamu pelihara. Untuk mendapatkan pot kamu bisa membuatnya sendiri, ukuran serta kreasi mungkin dibutuhkan sekarang. Jika kamu jenis orang yang tidak mau ribet kamu bisa membelinya di toko pertanian atau online shop atau juga khusus pengrajin pot bonsai karena pot bonsi memang berbeda dengan pot pada umumnya.

Pemindahan ke pot


Setelah kamu memiliki pot dengan ukuran yang pas dan tentunya menarik untuk dilihat kemudian cek bakalan. Bakalan yang kita pelihara kemudia di cek kondisinya, apakah sudah layak untuk di pindahkan atau belum. Jika dirasa bakalan memang besar ukuranya sebaiknya kamu tanam langsung ke tanah biasanya bonsai besar itu di tanam di taman.

Namun yang kita bahas ini bukan bonsai besar untuk taman. Kita fokus dan memang ini bisa jadi uang untuk kita. Hobi ini memang menghasilkan rupiah, asalkan kamu tahu cara untuk pemasaranya namun jika untuk sekedar hobi tidak masalah kita mulai segalanya dari nol.

Kamu membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk membentuk sesuai dengan keinginan kamu. Sebaiknya kamu memulai hal ini langsung banyak jangan tanggung cuman menanam hanya satu pohon bonsai.

Memliharanya tidak ribet, kamu cukup menyiram dan memastikan kebutuhan unsur hara sudah tercukupi. Dan untuk selanjutnya kamu tinggal mempelajari pemangkasan.

Pemangkasan jika kita bahas memang terlalu panjang, jadi saya buat di dua artikel. Saya akan memberikan penjabaranya tentang bonsai lebih mendalam lagi. Kamu tinggal ikuti panduannya dari bab 1 sampai bab 6.

Saya rasa ini belum lengkap dan belum selesai, untuk kamu yang masih penasaran tentang bonsai silahkan ke forum

Untuk kamu yang belum daftar ke agrotani silahkan ke sini

Saya rasa kamu tidak akan mendapat tutorial yang singkat untuk bonsai ini, jika tidak percaya silahkan cari di google sampe kuota kamu habis hehehe

Dari itu saya membuat perhalaman

Terimakasi ….

Jangan lupa beri bintang untuk saya :

Bergabung ke grup Whatsapp Agrotani Indonesia hubungi 085320638655


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Bonsai


Tinggalkan pesan "Cara menanam bonsai pemula dari awal sampai pemasaran"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.