DAFTAR
MASUK

Cara membuat pupuk organik cair untuk padi melimpah

ID 32537 Di PERTANIAN
Cara membuat pupuk organik cair untuk padi melimpah

AGROTANI.COM – Ekihi merupakan pupuk organik yang sangat baik untuk semua tanama, terutama untuk pertumbuhan dan unsur hara makanan, petanian yang memiliki nilai jual yang mahal dan tentulah dengan cara yang organik yang sekarang di majukan kembali, tentu banyak yang ingin mendapatkan hasil yang sangat kita harapkan yaitu padi yang sehat dan tumbuh subur, kami akan ulas di sini dengan beberapa cara yang mungkin bisa membantu anda meningkatkan kualitas padi anda.

Pupuk Cair

Jangan terpaku dengan berbudidaya yang tidak sehat contohnya dengan pupuk maupun pestisida yang belum kita kenal kandunganya, karena cara berbudidaya yang sehat tentulah menunjang bagi tubuh kita, harga jual yang besar sangat berpengaruh terhadap pasar yang kita tuju. Keunggulan padi yang organik sangat menentukan harga, jadi intinya berbanding terbalik dengan pasaran yang menyesiakan bahan – bahan yang kimia, alasanya petani lah yang akan menentukan harga produk padinya bukan pasar lagih, karena sasaranya adalah orang yang tau akan nilai gizi.

Saya ambil contoh ketika seseorang yang sering sakit ketika masa tuanya atau orang muda yang suka sakit aneh, pernahkah anda melihat kasus seperti itu ?

Alasanya karena mereka suka memakan makanan yang mengandung kimia hal ini sangat menghawatirkan sodara -sodara kita yang mengidap penyakit, berbeda dengan orang terdahulu dengan cara yang organik dan mereka kebanyakan sehat, karena mereka peduli dengan produknya, tetapi alhamdulillah mau ada rekomendasi go green yang sedang berlangsung sekarang, sudah kewajiban kami memotivasi  agar anda dan sodara kita berbudidaya dengan lebih sehat dan organik.

Padi yang tergolong pemberian asupan unsur hara yang bisa saja kita lihat, hasilnyapun biasa saja, tetapi ketika berikan asupan nutrisi unsurhara yang baik maka padi akan lebih berproduksi besar. Nah bagaimana anda mau dengan produksi tinggi dan hasil organik, kita harus kerja keras untuk membuatnya.

Bahan :

  • 5 buah labu kaye/maja yang matang
  • 30 liter air beras
  • 20 liter air kencing sapi/kerbau/kambing atau kelinci

Cara pembuatan :

  1. Buah maja dihaluskan dan masukkan pada drum/tong plastik
  2. Campurkan dengan 30 liter air beras dan 20 liter air kencing, diaduk hingga rata.
  3. Tutup rapat dengan plastik
  4. Masukan selang plastik ( diameter 0,5 m ) sambungkan kedalam botol yang sudah berisi air tawar
  5. Simpan selama 15 hari

Cara penggunaan :

Pengomposan : 1 liter pupuk cair maja dengan 5 liter air tawar, tambahkan 1 ons gula merah dan diaduk hingga rata, siramkan pada bahan organik yang akan dikomposkan hingga rata.

Penggunaan pada tanaman : Penyemprotan dilakukan pagi/sore hari dengan konsentrasi 400cc ditambah dengan 14 liter air tawar, asuk hingga rata. Disemprotkan pada umur tanaman padi : 10, 20, 30, 40 hari dan fase akhir pembungaan ( generatif ).

Cara di atas bisa merangsang pertumbuhanya agar cepat berbunga, dengan kata lain dengan pemberian pupuk ini anda bisa menghemat sekaligus bertani organik serta padi memiliki hasil maksimal.

Selamat mencoba, jika ada yang kurang paham dan kurang jelas mengenai masalah di atas silahkan jangan sungkan kita saring di sini, terimakasih atas kunjungan anda kami sangat senag jika tutorial ini anda aplikasikan.

Baca juga :

Cara membuat pupuk bokashi

3 Cara mudah membuat pupuk NPK sendiri

Cara membuat pupuk kompos dari sampah organik menggunakan EM4

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Pupuk organik Tag : Tanaman Padi


Komentar ditutup.