Cara membuat pupuk kompos dari sampah organik menggunakan EM4

ID 59592

Agrotani.comCara membuat pupuk kompos dari sampah organik menggunakan EM4 – Ada beberapa cara untuk membuat pupuk kompos, namun cara yang lebih mudah mengunakan EM4, dengan menggunakan EM4 memiliki keunggulan di bangdingkan dengan pembuatan biasa. EM4 memiliki kandungan mikroba yang mampu mempercepat kompos dalam proses fermentasi. Sudah banyak sekali jenis EM4, anda bisa mendapatkanya di toko atau kios pertanian. Biasanya proses pengomposan memerlukan waktu selama 1 – 2 minggu dengan taraf yang relatif singkat pupuk yang anda buat sudah bisa di aplikasikan ke tanaman yang anda tanam. Hal ini sangat baik sekali, bukan saja bermanfaat untuk tanaman namun dengan hadirnya EM4 anda bisa mengurangi peningkatan sampah yang kian hai kian banyak menumpuk, jika kita tidak pintar mengolahnya akan berdampah buruk terhadap lingkungan dan kesehatan kita. Pada dasarnya orang yang tinggal di daerah perkotaan sangat kekurangan lahan, namun dengan lahan yang sempit anda bisa membuatnya dengan teknologi EM4 ini.


em-4

Cara membuat pupuk kompos dari sampah organik menggunakan EM4

Dan pembuatan kompos ini lebih efektif daripada membakar sampah tersebut. Pemanfaatan sampah menjadi kompos akan bisa menghemat banyak sumber daya. Sumber daya yang selama ini hanya digunakan untuk membuat lingkungan bersih. Sudah saatnya sumber daya itu dirubah sehingga menghasilkan nilai tambah. Sampah ketika berubah menjadi kompos akan memiliki nilai tambah. Jauh lebih berharga daripada sampah berubah menjadi abu yang tidak ada nilainya. Malah lebih memboroskan energi ketika membakar sampah menjadi abu. Kalau kita hitung berapa ongkos energi yang bisa dihemat.

Kebiasaan masyarakat yang mungkin sulit sekali di rubah, sampah organik yang biasanya mereka bakar atau dibuang begitu saja sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan mereka sendiri. Beragam cara yang di lakukan pemerintah sangat prcuma sekali jika tidak ada kesadara dari diri kita sendiri. Sangat jauh bermanfaat jika kita membuat sampah tersebut menjadi lebih berpotensi dan bermanfaat.

Pertamakali yang anda lakukan susun di mana anda akan menimpan, kemudian sediakan tong plasti atau sejenisnya yang akan kita jadikan wadah untuk menyimpan bahan kompos, untuk tong plastik biasanya banyak sekali jenis dan ukuran, anda tinggal pilih berapa kebutuhan anda atau bahan organik yang berada di tempat anda.

Ada sedikit modifikasi pada tong plastik, anda harus menambahkan pipi, dimana pipa ini sangat berfungsi untuk saluran udara tempat dimana mikroorganisme yang hidup di dalam tong bekerja secara normal dalam pelapukan media.


Pipa di tambahkan kembali di bagian paling bawah namun kali ini aga sedikit berbeda, tambahkan kran air, yang nantinya jika kompos cair ini sudah jadi anda tidak perlu repot untuk mengambilnya, cukup membuka kran saja.

Cara memperbanyak EM4

EM4 yang sudah anda beli tidak langsung di berikan kepada bahan kompos, namun anda harus menambahkan gula sebagai campuran. Gula ini berfungsi sebagai makanan mikroorganisme yang akan melapukan bahan organik. Anda cukup menambahkan 20 ml larutan EM4 kemudian 10 gr gula pasir dan air bersih 1000 ml di dalam jerigen. Jerigen yang sudah berbentuk bahan di dalamnya membutuhkan fermentasi selama 24 jam kocok jerigen sampai merata, kemudian larutan yang anda buat tadi siap di aplikasikan kepada bahan. Sebenarnya anda bisa memasukan EM4 langsung ke tong yang berisi bahan organik, namun disini banyak sedikitnya jumlah mikroba atau mikroorganisme yang akan mengurai bahan kompos sangat berpengaruh tarhadap waktu dan kualitas kompos yang anda buat. Secara langsung anda sudah menghemat EM4 anda dengan melakukan prbanyak mikroorganisme EM4. Jika anda penasaran bagaiman yang lebih lengkapnya memperbanyak EM4 silahkan anda baca artikel terkait kami : Cara memperbanyak EM4

Pengolahan sampah


Sampah dapur dipotong kecil-kecil, kemudian masukan ke dalam tong plastik. Campur dengan daun kering dengan perbandingan 1:1. Lalu aduk dan tambahkan larutan EM4 yang sudah dioplos tadi.

Memisahkan sampah


Anda sudah mempersiapkan perlengkapanya, kemudian tahap selanjutnya anda harus memisahkan jenis sampah, pilih lah sampah berjenis organik usahakan jangan tercampur dengan bahan sampah non – organik, semakin kecil ukuran sampah semakin cepat proses pembusukan. Pembuatan kompos menggunakan EM4 sangat mudah sekali di lakukan, hanya sajah dengan cara ini mungkin bagi sebagian orang tergolong memakan waktu karena proses setengah bulan.

Proses pengomposan


Proses pengomposan bisa secara terus menerus dengan cara ditambahkan bahan organik kedalam tong di atasnya, kemudian aduk setiap tiga hari sekali, tujuanya di aduk adalah memasukan oksigen kedalam larutan kompos dan menurunkan panas yang di akibatkan proses pengoposan. Kompos yang sudah jadi di tandai dengan aroma yang tidak bau dan warna cairan kehitaman atau berwarna coklat. Keadaan suhu tidak tinggi atau kondisi dingin artinya kompos sudah siap di berikan kepada tanaman. Pada dasarnya organik sangat lama namun jika di bandingkan dengan proses pengomposan yang lain EM4 lebih tergolong cepat. Pengomposan sangat di anjurgan bagi setiap rumah karena dengan kompos rumah tangga sangat membantu sekali menurunkan kondisi lingkungan yang tercemar.

PupukPupuk Kompos