Cara Membuat Makanan Ikan Cupang Alami Sendiri

Agrotani.com – Mencari pakan alami setiap hari jelas sangat merepotkan. Untuk itu, keterampilan mengulturkan pakan alami sangat diperlukan setiap penangkar maupun pemelihara cupang adu. Cara mengulturkan pakan alami ini sangat mudah dengan alat-alat sederhana. Pada dasarnya pakan alami adalah pakan yang sangat baik dengan begitu jenis – jenis makanan ikan cupang di bawah ini bisa anda buat sendiri dengan menyediakan tempat tinggalnya.

Pakan ikan cupangInfusoria


Infusoria yang cocok untuk burayak cupang dapat dikulturkan dengan mudah. Alat yang disediakan hanya berupa ember berisi air bersih. Ke dalam ember tersebut dimasukkan daun kol, daun pisang, jerami, dan sedikit air kolam. Air kolam pasti mengandung infursoria. Namun, air tersebut jangan diambil dari kolam bekas tempat hidup ikan sakit.

Penggunaan daun disini agar pH air sesuai dengan kebutuhan cupang. Jadi dibutuhkan penyesuaian pH karena air akan di masukan ke kolam yang mengandung infusoria. Daun kol ber pH 7, kulit pepaya matang yang mendekati busuk ber pH 5, serta jerami ber pH 7.5. Ketiga jenis daun tersebut tidak perlu digunakan seluruhnya, cukup salah satunya saja. Daun yang digunakan perlu dibungkus agar tidak berserakan. Setelah itu, ember ditutup dengan kassa.

Selang 3-4 hari, akan muncul lapisan putih seperti awan di dalam air, Lapisan putih itulah yang merupakan jutaan infusoria yang tidak terlihat mata bila hanya sendiri. Umur infusoria ini hanya tujuh hari. Oleh karena itu, setelah tujuh hari infusoria harus dikulturkan lagi.

kutu-air

Kutu air


Mengulturkan kutu air dapat dilakukan dalam bak semen setinggi minimal 60 cm yang sudah diisi dengan air. Ke dalam kolam ini dimasukkan sedikit pupuk kandang ayam. Setelah dibiarkan selama 3-5 hari, taburkan bibit kutu air yang diambil dari alam. Jumlahnya sekitar satu kantung plastik kecil.

Seminggu kemudian, kutu air sudah mulai dapat dipanen. Cara panennya cukup dengan menyerok kutu air yang mengambang. Umumnya kutu air akan turun ke dasar kolam kalau kolam nya terkena sinar matahari. Untuk itu, sebaiknya bak ditutup agar suasana di dalamnya menjadi gelap sehingga kutu air mau naik ke permukaan. Dengan demikian, panen kutu air akan menjadi mudah, Air kolam untuk mengultur kutu air tidak perlu diganti selama sebulan.

jentik-nyamuk-cuk-pakan-cupangJentik nyamuk


Hingga saat ini tidak ada yang mengultur jentik nyamuk. Jentik nyamuk biasanya hanya diambil dari alam.

cacing-sutraCacing sutera


Oleh karena tidak pernah diberikan ke cupang hasil tangkaran maka kultur cacing sutera ini tidak dibahas.

Baca Juga :

Ikan Cupang