DAFTAR
MASUK

Cara membuat guludan tanaman kentang

Cara membuat guludan tanaman kentang

Agrotani.com – Setelah pengolahan yang anda kerjakan selesai, barulah dapat dibuat guludan atau bedengan. Sekaligus dibuat pula saluran pengairannya, sehingga aerasi selalu dalam kondisi baik. Pada penanaman musim hujan, saluran bisa dibuat lebih dalam (guludannya lebih tinggi).

Mengenai guludan ini ada yang berpendapat bahwa guludan tidak perlu dibuat. Alasannya, lapisan tanah olahnya (top soil) dalam dan tanahnya subur. Alasan yang lain, yaitu bila menggunakan guludan dapat mengurangi luas lahan yang ditanami kentang. Walaupun demikian, tetap tidak ada salahnya bila dibuat guludasn karena dengan guludan dapat memberi keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh dengan guludan adalah per tanaman dapat menghasilkan 2,5 kg umbi kentang dan terendah 1.5 kg. Kalau per hektar lahan, hasilnya bisa lebih 30 ton atau antara 40-50 ton, bahkan bisa 60 ton. Hasil tinggi itu tentu perlu catatan, yaitu tanaman mendapat perawatan ekstra sungguh-sungguh, tanaman tidak diganggu musim.(misalnya hujan atau udara lembap), tidak ada gangguan hama dan penyakit, serta tingkat hidup bibitnya tinggi (nilai fertilitasnya rendah).

Terlepas dari alasan di atas, perlu tidaknya guludan pada lahan kentang, perlu menyimak hal berikut. Kalau saluran pengairan saluran pengering di sekitar lahan kurang begitu baik, maka untuk melancarkan pengairan mau tidak mau perlu dibuat guludan atau paling tidak membuat parit untuk pengairan.

Lahan kentang yang terletak di daerah berbukit-bukit agak sulit dibuat guludan. Karena itu, harus diperhatikan keadaan perbukitannya. Kalau perbukitan itu memiliki kemiringan tanah kurang dari 15o maka cara pembuatan guludannya cukup dengan memotong kemiringan tanah itu.

Antarguludan dibuat parit sedalam karang ichih 10 cm, parit ini bisa berfungsi sebagai saluran pengering. Kalau kemiringan lebih dan 15o harus dibuat teras. Apabila lahan memungkinkan dibuat teras dengan lebar 10-25 m. maka panjang teras sangat sempit, maka lebar teras dijadikan lebar guludan untuk semua macam teras tersebut, saluran air parit dibuat sigsag.

Dalam membuat guludan, baik guludan di lahan datar atau miring, umumnya memiliki ukuran yang sama. Namun, ukuran guludan di setiap daerah bisa berbeda-beda. Petani kentang di Batu, Jawa Timur, membuat guludan dengan ukuran lebar 120 cm, panjangnya tergantung lahannya (bisa 25 m), dan jarak antarguludan minimal 50 cm. Namun, ada pula guludan yang dibuat selebar 50 cm petani di Kab. Bandung, jarak antarguludan kira-kira selebar cangkul, dan panjang guludan mengikuti kondisi lahan.

<< Lihat Tentang kentang lainnya

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Kentang


Tinggalkan pesan "Cara membuat guludan tanaman kentang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.