Cara memberantas Ulat bawang, litura, ulat jengkal pada tanaman kentang

Gejala


Daun berhabang-lubang serangannya dimulai dari tepi daun menutu bagian tengah dan ahkhirnya daun hahis terserang (gundul).

Penyebab


  • Penyebab serangan ini adalah ulat bawang atau spodoptera exigua. Ulat ini sangat rakus dan menyerang semua jenis sayuran, sehingga penularannya sangat cepat. Ulat berwarna hijau atau kecokelatan. Terbentuknya pupa di bawah permukaan tanah. Stadium dewasanya berupa kupu-kupu yang sayap depannya berwarna kelabu dan sayap belakang agak putih.
  • Ulal S (Prodenia) litura bertintik-bintik segitiga berwarma hitam, pada bagian sisinya berwarna hitam dan bergaris kekuning-kuningan. Pupa juga terdapat di bawah permukaan tanah.
  • Ulat Heliothis armigera kecil berwarna merah tua dan setclah besar berubah menjadi hijau atau tetap merah tua. Stadium dewasa berupa kupu-kupu berwarna kekuning kuningan dengan bintik bintik dan garis berwarna hitam
  • Ulat jengkal atau Plusia chalcites berwarna hijau dengan garis-garis putih membujur. Setelah menjadi kupu-kupu, warnanya gelap dan di sayap depati terdapat bintik-bintik hitam keemasan berbentuk Y.

<< Lihat Tentang kentang lainnya

Tanaman Kentang