Cara cepat menjadi petani kaya

Agrotani.com – Bukan hal yang sulit dan mudah untuk bertani, dan dirasa semua pekerjaan memiliki hal yang sama dimana dihadapkan dengan resiko dan ketelatenan yang sangat tinggi. Jika anda adalah petani tentu anda mengetahui resiko dan memikirkan tanaman yang anda budidayakan untuk mencapai kualitas dan hasil yang memuaskan.

Kita simpulkan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumberdaya alam yang sangat melimpah dan sangat mendukung hidupnya tanaman dan hewan yang dibudidayakan. Dari data yang kami dapat bahwa penduduk Indonesia mayoritas adalah para petani, apakah anda setuju dengan data ini ?

Pembahasan yang kita bahas adalah suatu langkah dan jalan keluar yang membutuhkan diskusi serta kesimpulan, agar menghasilkan budidaya tanaman dan dapat menghasilkan uang secara pasti. Kita harus berpikir, petani bukan saja memikirkan dosis tanaman, hama penyakit, syarat tumbuh tanaman, panen dan pascapanen dan lain-lain yang menyangkut budidaya. Mereka harus mampu meningkatkan kualitas kesegaran hasil produk budidaya yang memuaskan untuk konsumennya, hal ini jelas karena berpengaruh pada penghasilan yang akan anda dapat, akan memproleh mulai dari pinensial sampai ke brending produk mereka.

Kepuasan pelanggan dan kepercayaan konsumen bisa berdampak pada kelangsungan kita bertani, bagaimana jika kualitas jelek dan tidak ada yang mau membeli produk kita, tentu anda juga merasa rugi bukan ? Untuk antisipasi dari sekarang dan cara menghasilkan uang dari bertani yang benar maka yang pertama anda harus pahami adalah kebutuhan konsumen dengan baik, menanam tanaman atau berbudidaya dengan pengalaman yang tinggi, dan hal pendukung lainya seperti faktor internal dan eksternal yang mendukung pertumbuhan tanaman secara sehat.

Kebanyakan petani hanya menanam tanaman budidayanya dengan sederhana tanapa memikirkan naik turunya harga pasar.

Kami melihat hanya sebagian tanaman saja yang tumbuh dengan baik ketika petani itu memaksa berbudidaya, padahal harga tanaman itu menurut pasar kemungkinan dimasa panen akan anjlok sedang murah-murahnya di pasar. Hal ini terjadi karena begitu banyaknya produk hasil pertanian dari beberapa daerah dengan masuk secara besar-besaran, jadi banyaknya jenis produk yang masuk kepasar itu terlalu besar maka otomatis harga akan turun karena banyaknya produk jenis tersebut.

Lingkungan atau faktor pendukung menjadi bentuk nyata dalam kesuksesan anda bertani, yah begitulah tinggal bagaimana anda mengolah lahan tersebut saja. Saya yakin kemajuan anda dalam bertani pasti lebih pesat dibandingkan dengan SDA yang terbatas.

Tidak terlepas dari alam, yah benar sekali alam sangat erat sekali dengan bertani maka dalamilah dan pahami tentang alam. Bertani semakin maju dengan teknologi moderen yang memudahkan dalam menghasilkan produk pertanian yang berkualitas, jika kita padukan keduanya ilmu alam dengan mengenal karakter dan lingkungan di sekitar kebun budidaya, dan dipadukan dengan teknologi yang sekarang terus berkembang, maka besar kemungkinan kesuksesan dalam bertani akan anda dapatkan.

Saya ambil contoh bagaimana penghasilan bertani didukung dari alam.

Hilangkan terlebih dahulu soal penghasilan kita dari bertani, jadikan bertani itu hobi dan aktifitas yang menyenangkan untuk pribadi anda.

Alam itu bukan ciptaan kita, mana bisa kita melawan alam dan menentang hukum-hukum alam, ingat tidak ada yang jago dialam apalagi di hutan ataupun di laut. Kita hanya bisa membuat seperti alur jalan untuk kesinambungan dari proses pertumbuhan tanaman. Alam itu ciptaan Tuhan dan lebih dari kata sempurna jadi pandai-pandai kita untuk menjaga dan memanfaatkanya, karena Tuhan menciptakan alam itu buat kita.

Sudah jelas bahwa kita tidak bisa membuat produk ataupun hal yang jauh dari alam yang diciptakan Tuhan, ingat hanya konsep dasar yang kita gunakan melihat alur, rangkaian kerja dari proses a-z yang dilakukan oleh alam.

Contoh hal yang manusia buat seperti “Hidroponik”. Awalnya hidroponik dilakukan para ahli untuk meneliti tanaman, jadi yang dibutuhkan tidak menggunakan tanah dan terus berkembang menjadi budidaya konsep yang diambil dari hidroponik tersebut. Manusia bisa membuat media tanaman selain tanah dengan catatan kerja pengaturan tidak terlepas dari alam, ketahuilah bahwa tidak mungkin terjadi jika terlepas dari pengaturan yang tuhan buat.

Inovasi yang benar-benar hebat akan menghasilkan yang istimewa, sekarang ini budidaya tanaman menggunakan teknologi hidroponik semakin banyak dan mudah pemeliharaanya. Jika menghitung secara Agribisnis maka hidroponik sangat layak sekali jika kesetabilan jumlah produk yang semakin naik dan biaya modal yang minim, solusinya manajemen yang kuat menjadi pilar utama anda di segi budidaya.

Jangan seperti petani lain yang hanya menghitung pengeluaran dan pemasukan, tapi anda harus memikirkan keuntungan dengan detail, ya kami akan memberikan alur perhitungan agar bisa membantu anda dalam menghitung, nanti dipostingan selanjutnya anda akan menemukanya.

Setelah perhitungan, inovasi yang baik dan cek harga pasar tentu anda mengerti maksud kami dan kami tidak perlu menguraikan satu-persat kepada anda usaha bertani apa saja. Tentunya anda tahu seperti : bertanam hidroponik, pembesaran bibit, budidaya sayuran, budidaya pangan, membuat varietas unggul, produksi pascapanen menjadi olahan, dan lain-lain anda semuanya sudah tahu.

Jadi yang pertama jika anda ingin benar-benar sukses dalam bertani anda membutuhkan ilmu tentang alam, memahami kebutuhan atau keinginan tanaman yang kita tanam, memang benar dan terasa oleh saya peribadi tanaman dibesarkan seperti anak sendiri, barulah anda mendapatkan hasil maksimal dari jeripayah yang anda keluarkan.

Kami yakin anda mengetahui ini dan paham bagaimana bertani, bukan kami mengajarkan berenang kepada ikan tapi hanya mengingatkan atau kita sering bertukar pikiran.

Bahasan seperti ini jarang anda dapatkan dari situs-situs lain entahlah anda beruntung menemukan artikel ini, maka sebelumnya tolong dukung kami untuk memajukan negara kita. Jika anda setuju bergabunglah bersama kami dan anda sekarang menjadi keluarga Agrotani.

Bertani itu tidak mudah butuh ketelitian dan kerjakeras yang sangat baik. Cara menghasilkan uang dari bertani membutuhkan waktu tenaga dan pikiran yang cukup serta kemauan yang sungguh-sungguh.

Jika demikian dari mana saja para petani bisa mendapatkan uang dengan mudah dan Cara cepat menjadi petani kaya ?

Untuk menghasilkan uang tentu dengan berbudidaya atau aktifitas bertani lainya yang sehubungan dengan kebutuhan konsumen, kemudian hasil budidaya dijual ke pasar atau ke konsumen langsung dan sisanalah mereka akan membelinya mudah bukan ?

Secara teori semuanya sangat mudah tapi bertani tidak cukup hanya teori saja dan perencanaan saja anda harus turun kelapangan dan itu wajib, kalo tidak bagaimana produk anda bisa terjual.

Yang pertama anda harus mengenal dengan pasar atau sasarn konsumen anda. Cek harga dan mulai tanyakan kepada pembeli atau pemesan pokonya yang akan membeli produk hasil tanaman anda kepada calon pembeli, jangan tanyakan masa sekarang tapi biasanya pedagang bisa mengerti apa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan waktu beberapa bulan yang akan datang. Jadi kita bisa menyiapkan tanaman apa yang sekarang ditanam kemudian setelah panen nanti harga jenis tanaman kita akan mahal.

Jadi ketika anda membudidayakan tanaman dan mulai bertani, harga yang anda tawarkan lebih tinggi dari pada harga jenis produk lainya. Setelah memahami alur pasar, jangan puas disana. Bangun link kenalan dengan petani dari wilayah lain dan pedagang dari wilayah lain, misalnya anda dari Jawa Barat tentu butuh informasi mengenai harga dan jenis tanaman apa yang sedang anjlok harga dan naik harga di daerah Jawa Timur atau wilayah lainya sehingga anda dapat menyesuaikan tentang budidaya tanaman anda.

Permainan harga asalkan anda tahu ilmunya dapat naik 80% dari harga aslinya, misalnya harga bawang per kilo Rp. 8,000 bisa dikelola dan diarahkan kepada pasar yang tepat bisa menjadi Rp. 10,000 per kilo. Kami yakin anda pernah mengalami hal ini maka berhati-hatilah ketika menjual produk anda pastikan pasar sasaran anda benar-benar tepat.

Baca Juga :

Mengingat harga pasaran yang tidak menentu, dan kebetulan negara kita belum menerapkan harga yang permanen pada jenis produk pertanian maka hal ini sedikit merepotkan bagi anda petani. Kebijakan yang dibuat belum siap jika diterapkan ke negara kita, ya mungkin terkendala oleh faktor-faktor lain yang mengakibtkan tidak memungkinkannya penarapan harga permanen ini bisa dirasakan oleh petani Indonesia.

Cukup jelas dengan kondisi sekarang ini, kami berusaha membangun kemudahan soal harga pasar. Jika kita bentuk dengan saling mengirim informasi yang dikumpulkan.

Petani