Cara Cepat Budidaya Kacang Panjang Organik Dengan Mudah

Agrotani.com – Kacang panjang sangat disukai sekali oleh masyarakat, hal ini memudahkan kita dalam memilih dan meningkatkan produk kita. Namun pada kenyataan tanaman ini kurang di minati untuk di tanam oleh petani, maka kesempatan kita untuk memulai tanam dari sekarang.

Sebelum memulai tentu saja anda harus memilih pasar dan tanaman apa yang akan naik jika kita panen nanti. Kebanyakan dari petani enggan melakukan hal itu, namun sebagian kita ada yang melakukannya.

Tanaman kacang panjang bisa tumbuh pada dataran tinggi hingga 800 mdpl dan dataran rendah. Saya rasa di wilayah negara kita tanaman ini bisa tumbuh subur, namun jika anda berada pada dataran rendah lihat dulu tetangga petani anda, apakah ada yang pernah menanamnya.

Disini saya tidak membahas suhu dan yang lainnya, jadi kita akan fokus pada budidayanya saja. Penanaman kacang panjang bisa dilakukan disepanjang musim. Namun saya sarankan anda menanam pada awal musim hujan, (kecuali untuk tanah sawah menanam di awal musim kemarau).

Pada penanaman yang sudah dilakukan, pada tanah yang subur ternyata tanaman ini tumbuh dengan baik dan terlihat sehat, namun pada biji yang dihasilkan sangat minim sekali dihasilkan. Berbeda dangan tanah atau keadaan tanah yang tidak subur dan kebutuhan makanannya kurang malah sebaliknya biji yang dihasilkan sangat bagus sekali.

Pengolahan lahan budidaya kacang panjang

Jika lahan pertanian anda tadinya bekas sawah atau lahan baru dibuka sebaiknya anda membajak dan menggemburkannya dulu, tanaman kacang panjang sangat menyukai tanah yang gembur. Untuk tanah yang sudah gembur berarti kita tinggal buat parit.

Yang akan kita tanam ini adalah penanaman secara organik jadi kita fokus dan jangan melanggar lagi kegiatan ini, banyak anggota agrotani yang memang dibuat organik namun masih ada yang menggunakan bahan kimia. Kita fokus dan mengandalkan bahan organik.

Penanaman ini kita buat mengarah timur ke barat (posisi bedengan), untuk ukuran bedengan terserah anda namun yang sering saya gunakan ukuran lebar 80-90 cm, dan tinggi 30-35 cm. Jika tanah anda bekas sawah tinggikan saja hingga 30 cm. Untuk panjang bedengan sesuaikan saja dengan lahan anda jadi saya tidak membatasi hal itu.

Fungsi utama kenapa kita membuat bedengan yang lebar itu difungsikan agar kita mudah dalam perawatan dan pemeliharaannya nanti, jangan mengandalkan aturan baku ini, silahkan jika anda ada inovasi baru yang lebih baik dari ini segera coba. Tujiannya sama yaitu membuat produk pertanian yang jauh lebih banyak. Hindari genangan air akibat hujan atau akibat air lainya yang secara tidak sengaja berada disekitar tanaman.

Pupuk dasar

Setelah bedengan dibuat pada tahap pertama, kemudian anda siapkan pupuk kandangan atau jenis pupuk organik lainnya. Sebenarnya tidak hanya ketika bedengan jadi penaburan pupuk dilakukan namun sebelum bedengan jadipun anda bisa melakukannya. Berikan pupuk kandang atau pupuk kompos yang sudah matang, jangan coba-coba memberikan pupuk kandang atau pupuk kompos yang belum jadi atau belum matang, karena akan berdampak buruk pada tanaman. Jika anda memberikan pupuk kandang saya sarankan campurkan semua kotoran yang ada jangan satu jenis saja seperti : kohe ayam, sapi, kambing, atau kelinci. Jangan memberikan hanya satu jenis saja.

20 ton per hektar pada lahan yang anda butuhkan, namun itu hanya teori saja berbeda dilapangan, jika tanah yang dibutuhkan di lahan garapan anda membutuhkan 40 ton per hektar apakan 20 ton cukup ?

Jangan tertipu dengan teori yang aneh itu, lakukan dan cek lahan kamu sendiri. Lahan milik anda kok yang nentuin kebutuhannya dari buku dan internet. Data yang seperti itu anda pasti sering temukan di buku atau di internet jadi jangan buat bingung soal ukuran kebutuhan.

Taburkan semua pupuk organik yang sudah kamu buat dan diamkan selama 4-6 hari setelah penaburan.

Jika belum tau caranya silahkan pelajari dulu ini : Cara Singkat Membuat Pupuk Kompos

Penanaman benih kacang panjang

Cara Budidaya Kacang Panjang

Cara Budidaya Kacang Panjang

Keunggulan yang saya rasa ketika menanam kacang panjang adalah ketika dilahan, kacang panjang tidak perlu disemai karena mereka lebih bagus secara langsung kita tanam dilahan atau bedengan.

Untuk benih yang bagus kamu bisa membedakan dengan bentuknya seragam, penampilannya mengkilap dan terlihat segar. Anda bisa membelinya di toko pertanian atau memesannya di toko online. Dari yang saya tahu produk – produk benih yang sudah dipasarkan untuk petani sudah diuji terlebih dahulu oleh pemerintah (Departemen Pertanian) jadi intinya pemerintah udah menyesuaikan benih yang cocok untuk petani.

Jarak tanam kacang panjang adalah 40 cm antar baris dan 30 cm dalam baris, jadi dalam satu bedengan terdapat dua baris. Buatlah lubang dengan cara ditugal pada setiap bedengan dengan memperhitungkan jarak tanam di atas. Kemudian masukan 2-3 biji benih kacang panjang pada setiap lubangnya, tutup dengan tanah. Kebutuhan benih untuk satu hektar lahan sekitar 50 kg.

Jarak tanam yang kami lakukan 40 cm antar baris dan 30 cm dalam baris, namun terserah anda jika anda membuat dengan ukuran berbeda, kami agrotani tidak membatasinya.

Buat kalian yang muda enak langsung faham, ini gambar buat orang tua yang belum faham :

Perawatan budidaya kacang panjang

Perawatan yang harus diperhatikan adalah penyiraman atau pengairan. Pada lahan beririgasi penyiraman bisa dilakukan dengan menggenangi lahan dengan air. Setelah tanah dirasa lembab, air dikeluarkan lagi. Pada lahan tadah hujan, terutama saat awal pertumbuhan benih, penyiraman harus dilakukan secara manual.

Perawatan yang akan kita lakukan adalah pengatiran, pemupukan susulan, pemasangan lanjiran, penyiangan, pencegahan hama penyakit datang.

Pengairan pada awal tanam berbeda sekali dengan tanaman kacang panjang dewasa, anda bisa menggunakan dengan cara menggenangnya hingga bedengan atau tanah dirasa sudah lembab atau bisa juga dengan cara manual. Jika anda berada pada daerah tadah hujan lakukan secara manual lebih baik daripada menunggu datang hujan.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan pada kacang panjang berusia 15 – 20 hari, berikan pupuk kandang 1 – 2 kilo, jika tidak ada pupuk kandang anda bisa memberikan dengan pupuk kompos. Cara memberikan pupuk cukup dengan memberikan di sekitar tanamannya saja. Tutup kembali setelah anda memberikan pupuk kandang kedalam bedengan dengan tanah.

Cara pemasangan lenjer bambu

Pasang lanjiran atau ajir ketika tanaman mulai merambat, usahakan jangan sampai telat memasangnya. Biasanya ukuran ajir ini 2 meter, cara memasangnya sudah pada tau kan kalo belum tau baca :

Penyiangan

Penyiangan saya rasa cukup penting dalam pemeliharaan, hal ini aka berdampak pada nutrisi tanaman yang ada didalam tanah, ini bisa mengakibatkan tanaman pokok bersaing dengan gulma yang tumbuh.

Gulma yang tumbuh akan memberikan dampak yang rugi untuk petani, sebaiknya anda lakukan penyiangan jika dirasa gulma sudah mulai tumbuh, jangan menunggu gulma sudah tumbuh banyak baru anda melakukan penyiangan.

Dengan adanya gulma hama penyakit akan tumbuh juga.

Untuk merangsang tanaman ini agar berbungan cukup berikan pupuk organik cair, caranya dengan melarutkan pupuk cair dengan perbandingan 1 : 10 jadi pupuk cair organik 1 liter dilarutkan dengan 10 liter air biasa.

Hasil panen budidaya kacang panjang

Kacang panjang akan panen kisaran 45 – 50 hari. Kalo anda bingung bagaimana ciri-cirinya cukup dengan melihat kacang ini berwarna hijau keputihan. Gak penting soal itu, biasanya anda bisa memanen sebanyak 15-18 kali dalam satu pohon.
Hal ini bisa terjadi jika anda baik dalam pemeliharaanya, varietas yang di tanam, dari segi cuaca dan perlakuakn anda pada tanaman kacang panjang ini. Jangan kira jika anda yang baru belajar menanam sekarang lalu pas panen langsung dapet bobot besar, semua butuh proses dan sekarang lah waktunya kita belajar.

Tidak masalah panen berapa ton atau berapa kilo yang penting kita coba dan praktikan.

Dalam satu musim panen jika anda melakukan hal terbaik rata-rata 35 ton per hektar. Saya tidak menjelaskan hama dan penyakit tanaman kacang panjang, karena semua tidak bisa di jabarkan dengan artikel pendek.

Dukung kami membangun pertanian Indonesia. . . .

Tanaman Kacang Panjang