DAFTAR
MASUK

Cara budidaya ikan Kuwe putih

ID 1062 Di PERIKANAN
Cara budidaya ikan Kuwe putih

Kuwe putih (Granx sexfasciatur) merupakan ikan laut yang tergolong ekonomis. Ikan ini memiliki ukuran yang besar dan umum tertangkap. Kuwe putih merupakan salah satu ikan budidaya yang pertumbuhannya cepat.

MENGENAL KUWE PUTIH

Kuwe putih, kuweh, tankolok, lawakan bulang, bubara putih, tarkulu atau bigeye trevaly (Caranx sexfascianu) mempunyai badan memanjang dan pipih. Lengkung kepala bagian atas cembung, bagian bawah agak cembung Ujung belakang maxilla sampai bagian belakang mata, mata dengan kelopak mata yang berkembang sangat baik. Pada ikan-ikan dewasa, kepala dan badan kehijauan keperakan, bagian bawah putih keperakan, dan sirip-sirip kehitaman. Pada ikan muda, badan bagian atas kuning keemasan, bagian bawah putih keperakan.

Kuwe putih menilai banyak persamaan dengan kuwe biru, namun ada beberapa bagian organ tubuh yang berbeda. Ciri yang dimiliki kuwe putih yang membedakannya dari kuwe bina antara lain, jumlah jari-jari keras pada sirip punggung kedua hanya berkisar 18-21 jari-jari lunak. Pada sirip dubur terdapat 14-16 jeri-jari lunak dan jumlah sisik keras (scute) nya hanya 24 – 34. Pada ikan yang masih muda badannya dilengkapi dengan sabuk-sabuk 4 – 7 buah. Kuwe putih adalah penghuni perairan dangkal berkarang, dapat juga hidup di perairan payau dan kadang-kadang naik ke muara sungai. Kuwe putih juga tergolong ikan pemangsa yang memakan ikan-ikan kecil dan hewan-hewan lainnya yang ukurannya lebih kecil dari ukuran tubuhnya. Kuwe putih dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 150 cm, namun yang banyak tertangkap dan dipasarkan umumnya berukuran 50-60 cm. Kuwe putan dan kuwe biru adalah jenis kuwe yang paling cepat pertumbuhannya bila dipelihara.

BENIH KUWE PUTIH


Benih kuwe putih untuk budidaya berasal dari penangkapan di Benih Kuwe Putih merupakan ikan hidup bergerombol dalam jumlah besar, sehingga dapat ditangkap dalam jumlah besar. Kuwe putih dibenihkan cara terkontrol.

PEMELIHARAAN KUWE PUTIH DI KJA


Untuk menghasilkan kuwe putih ukuran konsumsi. dipelihara di KJA selana 69 bulan. Pemeliharaan dilakukan secara bertahap seperti ikan pada umumnya.

1. Pendederan ikan


Benih yang diperoleh ukurannya 3-5 cm/ekor, maka pendederan dimulai dari ukuran terselut. Namun benih kuwe putih yang ditangkap ukarannya, 20 gr/ekor ikan benih ukurannya 20.50 gr/ekor maka antara 6020 ekor. Setelah dipelihara 1-1.5 bulan, benih akan mencapai ukuran 60 cm/srekor.

Selama pendederan ukuran pakan yang diberikan harus disesuaikan dengan lebar bukaan mulut ikan. Sebagai pakannya, dapat digunakan rebon segar (udang kecil berukuran 1 cm) dan daging ikan rucah (minced fish) yang segar dan digiling. Jumlah pakan yang diberikan 10-15% per hari dari berat biomassa ikan dengan frekuensi pemberian pakan adalah 3-5 kali hari. Agar pakan yang diberikan mencukupi, sebaiknya setiap kali pemberian pakan diberikan hingga ikan benar-benar kenyang.

2. Penggelondongan


Setelah 1-1,5 bulan di pendederan, benih kuwe putih telah mencapai bobot 60-80 gr/ekor. Karena itu, benih dapat dipindahkan ke dalam keramba penggelondongan yang telah disiapkan. Padat penebaran dalam tahap ini sebaiknya berkisar antara 50-60 ekor/m. Pada tahap penggelondongan ini, digunakan jaring polietilen (PE) dengan ukuran mata jaring berkisar antara 0,5-1,0 inci. Pada tahap penggelondongan, kuwe putih diberi pakan berupa ikan rucah segar yang dipotong atau dicacah kecil-kecil sesuai dengan lebar bukaan mulut ikan. Frekuensi pemberian pakan 3 kali sehari, yaitu pada pagi, siang, dan sore hari dengan dosis 8-10% dari total bobot badan ikan. Selain itu, kuwe putih juga dapat diberi tambahan vitamin seminggu sekali yang diberikan bersama pakan Vitamin yang digunakan adalah Amolovit dengan dosis 1 g kg pakan dan Probiotik 2 oc kg pakan.

3. Pembesaran


Biasanya setelah dipelihara 2-3 bulan di KJA penggelondongan, Kuwe Putih telah mencapai ukuran 50-120 gr ekor. Pada saat ini, kuwe putih dipindahkan ke keramba pembesaran. Padat penebaran dalam keramba pembesaran berkisar antara 40-50 ekor/m. Selama pemeliharaan, kuwe putih diberikan pakan berupa ikan-ikan rucah segar. Jumlah pakan yang diberikan 6 dari total bobot ikan per hari, yang diberikan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Dalam tahap pembesaran ini, sebaiknya ditambahkan vitamin yang diberikan seminggu sekali dengan cara dicampurkan pada pakan. Biasanya dalam 4 – 5 bulan di keramba pembesarana kuwe putih akan mencapai ukuran konsumsi dengan berat 300 gr/ekor.

Sebagaimana kuwe biru, kuwe putih juga merupakan jenis yang pertumbuhannya cepat kuwe putih memiliki laju pertum buhan harian yang cepat yaitu mencapai 1,71% dan konversi pakan yang cukup rendah yakni 3,31. Hasil analisis isi lambung ikan yang diamati dengan interval 3 jam, setelah pemberian pakan secara satiasi, menunjukkan bahwa berat pakan dalaan lambung ikan akan menurun. Dalam waktu 12 jam setelah pemberian pakan, sekitar 92% pakan telah dicerna, sisanya 8% masih berada dalam lambung dan pada beberapa contoh.

Kondisi lambung telah kosong. Tampaknya, ikan kuwe membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mencerna pakan. Berarti, frekuensi pemberian pakan yang efektif dan efisien adalah dua kali sehari (Rachmansyah, 1994). Berdasarkan pertimbangan efisiensi pakan, nilai konversi pakan, laju pertumbuhan, kelangsungan hidup, maka produksi optimal ikan kuwe dapat dicapai bila dalam budidayanya diberi pakan ikan rucah sebanyak 6% bobot badan per hari (Rahmansyah 1993). Selama pemelaharaan, perlu dirawat den baik sehingga mendukung usaha peningkatan produksi. Mata jaring yang kecil akan memudahkan jaring keramba menjadi cepat kotor ditempeli organisme penggangiu, misalnya beberapa jenis alga teritip dan kerang kerangan.

Menempelnya organisme tersebut akan menghambat pertukaran air Untuk mengatasinya, jaring keramba harus diganti dengan jaring keramba yang kotor, dicuci dan dikeringkan. sehingga nantinya siap untuk menggantikan jaring keramba yang kotor. Biasanya bagi jaring keramba berukuran mata jaring kecil (1 inci), membutuhkan waktu ganti jaring 2 minggu, sedangkan bagi keramba jaring bermata 2 inci, membutuhkan wakta ganti antara 3-4 min.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Ikan Laut


Tinggalkan pesan "Cara budidaya ikan Kuwe putih"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.