Cara baru membuat tanaman agar cepat berbuah lebat

Pencapaian kita dalam tahap persiapan dan pengetahuan bagaimana kita memulai usaha budidaya buah-buahan masih banyak lagi yang mesti kita butuhkan. Sekilas tentang pengerjaan ini diharapkan semua gagasan serta pemikiran yang akan kita gali lebih dalam bisa kita terapkan. Dalam kenyataan lapangan teori yang disampaikan ini tentu saja akan mengalami perbedaan jadi anda harus lebih aktif lagi untuk mencegah dan memaksimalkan kebutuhan.

Pemangkasan dan Pembentukan tajuk
Tanaman yang subur itu sangat mudah sekali kita kenali, namun jangan terlalu bahagia ketika tanaman anda rimbun dan tampak sehat.

Mereka membutuhkan perlakuan yang harus kita jaga agar mereka bisa tumbuh dengan semestinya. Pertumbuhan tanaman yang secara alami berbuah dan menumbuhkan daun-daun mereka, tidak selamanya sesuai dengan kelangsungan hidupnya sendiri.

Buah Jambu Air

Mereka harus tumbuh dengan teratur, karena mereka membutuhkan sentuhan kita agar hidupnya lebih terurus lagi. Pemangkasan ini jangan sampai kita lalai untuk memeriksa pertumbuhannya, bisa dilihat pada pohon buah-buahan yang terlalu rimbun percaya atau tidak dapat mengundang hama dan penyakit datang.

Hal ini bisa terjadi karena sinar matahari tidak dapat menembus pada keseluruhan tanaman, akibatnya lembab pada bagian tengah pohon dan dihuni oleh banyak hama.

Hama ini dapat menimbulkan penyakit baru pada tanaman, kita harus benar-benar meninjau pertumbuhannya.

Untuk pemangkasan mungkin sudah pada tahu caranya seperti apa dan bagaimana melakukanya.

Untuk yang belum tahu silahkan pelajari dulu ini : Buat artikel cara pemangkasan tanaman buton

Pemangkasan dilakukan pada bagian ranting dan dikurangi bagian daun yang tumbuh. Perhatikan biasanya hampir semua jenis tanaman buah, pada bagian ranting suka ada yang membalik ke arah batang utama atau bagian ranting yang tumbuh bersilang.

Namun cara untuk mengurangi kelebihan subur bisa kita lakukan dengan memangkas bagian akar tanaman. Akar ini adalah bagian organ tanaman yang penting sekali untuk mengangkut hara tanaman di dalam tanah jadi ketika memotongnya hati-hati.

Kalian bisa memangkas bagian ujung tanaman dengan cara mencangkulnya atau menggunakan gergaji jika akarnya keras. Namun pemotongan akar ini jangan terlalu pendek, jika pemotongan terlalu pendek tanaman bisa kekurangan hara dan bahkan tanaman bisa mati jika anda salah memotongnya, pokoknya jika ingin memotong bagian akar jangan terlalu banyak agar tidak mati pohonnya.

Jika tajuk pada pohon buah sudah terbentuk, tanaman akan mudah untuk berbunga dan berbuah nantinya. Keuntungan lainnya pas nanti kita akan panenpun mudah karena tajuk teratur.

Kalau bahasa kerennya naman ini simetris jadi tajuk menjulang lurus kesegala arah dengan seimbang dan percabangan bisa terarah. Untuk melakukan pembentukan ini sebaiknya sejak kecil anda bentuk sesuai keinginan kita.

Ada beberapa persyaratan untuk pembentukan yang harus anda perhatikan :

Cabang utama, cabang plimier, dan cabang sekunder bagian ini yang difokuskan kita bentuk. Kemudian pada cabang utama usahakan harus tegak lurus dan diameter 5 cm. Cabang plimier dalam satu tanaman berkisar antara 3-4 cabang. Cabang primier ini harus menyebar dan membentuk sudut 120 o atau 90o terhadap sesamanya. Jadi dalam kondisi ini, dalam setiap tanaman hanya terdapat 9-16 cabang sekunder yang siap menunjang ranting bunga dan buah nantinya.

Pada pohon berbuah seperti mangga, ini sangat dianjurkan dan wajib dilakukan pembentukan. Buah mangga ini memiliki bobot yang berat jadi jangan sampai mereka berbuah disembarang ranting.

Jika ada batang yang menjulang panjang dan kurus, sebaiknya dipotong saja. Ini akan menurunkan kualitas buah.

Ingat baik-baik pemangkasan ini memiliki tujuan yaitu memotong bagian organ tanaman yang tidak dibutuhkan. Jadi jangan segan dan jangan terlalu sayang dalam memangkas karena organ pada tanaman bisa tumbuh kembali.

Untuk yang berumur 3 tahun, jangan takut tanaman mati karena kita pangkas. Saya sudah mencobanya dengan memangkas tanpa ada daun sehelaipun dan justru tanaman itu mengeluarkan daun baru dan tunas baru yang lebih bagus dari sebelumnya.

Setelah pemangkasan biasanya akan tumbuh beberapa tunas yang tidak dikehendaki. Potong tunas yang tidak kita inginkan pada tahap ini. Jika dibiarkan tunas ini tumbuh dengan sembarang tempat maka sia-sia kita melakukan pemangakasan dan pembentukan pohon.

Saya menulis ini semalaman sampai tidak tidur, namun saya ingin sekali anda mengetahui cara ini.

Pada bagian tanaman yang sekaranga sudah kita bentuk, kita harus rajin menghindari semua ancaman hama dan penyakit yang akan darang. Anda bisa menggunakan insektisida dan furadan. Jika anda tidak tahu silahkan baca ini :

Jika akan berbuah sebaiknya kita rutin menyemprot seminggu sekali secara bergantian. Namun jika musim panen akan datang anda harus menghentikannya, kecuali jika anda menanam belingbing dan jambu air hal ini bisa diabaikan namun posisi buah harus dibungkus terlebih dahulu (ditakutkan pestisida menempel pada buah).

Saya rasa sudah cukup untuk tutorial ini, selanjutnya kita akan membahas pemupukan dan kasus demi kasus banyak terjadi pada bahasan pupuk.

Tanaman Buah