DAFTAR
MASUK

Beberapa Perbedaan Cupang Adu Dan Cupang Hias

Beberapa Perbedaan Cupang Adu Dan Cupang Hias

cupang-adu

AGROTANI.COM – Ikan cupang mulai populer di kalangan masyarakat saat ini di indonesia, tentu dengan beraggam keunikan warna dan ketangkasan saat di adu, menjadikan dayatarik yang sangat kuat bagi semua orang. Namun tahukah anda perbedaan ikan cupang hias dan cupang adu ?

Sebenarnya ada banyak jenis ikan cupang tetapi cupang adu dan cupang hias tidak di bedakan dari spesiesnya. Tetapi banyak sekali ikan cupang yang beredar luas di pasaran dengan beragam tujuan anda, cupang adu dan cupang hias mereka tetap dalam kelompok Splendens Complex.

Dalam kelompok ini ada 5 spesies yaitu :

  • Betta splendens
  • Betta stiktos
  • Betta mahachai
  • Betta smaragdina
  • Betta imbellis

Para pakar pembudidaya ikan ini, rupanya serius ingin mengembangkan ikan kelompok Splendens Complex, dengan menyilangkan Splendens Complex yang kemudian menghasilkan banyak varian yang berbeda. Kemudian setelah beberapa varian yang di hasilkan tersebut, Di indonesia dan negara-negara asia mengelompokan dengan dua kelompok yaitu cupang adu dan cupang hias.

Mungkin anda bingung perbedaan dari kelompok ikan ini, mari kita bahas :

  • Cupang hias

ikan-cupang-crowntail2-filckrcom

Cupang hias merupakan kelompok ikan yang di lihat dan di anggap bernilai dari bentuk, warna gerak, dan sirip yang melebar. Ciri – cirinya sebagai berikut :

Ikan cupang hias memiliki bentuk sirip yang merundai yang menghias bagian tubuh ikan mulai dari ekor sirip sampai bagian badan lainya. Ikan jenis hias memiliki keunikan terutama dari tulang sirip yang khas. Warna yang beragam tergantung dari indukan dan varietas ikan yang unggul. Ikan ini sangat banyak sekali warna sampai dengan pencampuran warna pada badan dan sirip sangat banyak sekali.

Ikan jenis hias biasanya cenderung lebih tenang di bandingkan dengan ikan cupang aduan, terutama pada sirip yang indah ikan cupang hias semakin menawan terlihat. Apabila ikan cupang hias melihat musuh atau melihat betina, pada bagian sirip dan ingsang yang terlihat, pembentukan sirip yang melebar sangat sempurna.

Pada umumnya cupang hias banyak dari spesies Betta splendens. Dari spesies ini sering di lombakan untuk pestipal diantaranya jenis serit (crown tail), bulan separuh (halfmoon), laga (plakat), cagak (double tail) dan yang sedang populer saat ini adalah gian.

  • Cupang adu

Pernahkah anda melihat cupang bertarung, tentu tidak asing lagi melihat ikan ini bertarung bukan ? Memang semua ikan cupang bisa di adu namun cara bertarungnya lah yang berbeda, jadi jangan heran ketika anda melihat cupang hias ya
ng perkasa bertarung seperti ikan cupang adu. Untuk lebih jelasnya inilah pembahasanya :

Ikan cupang adau memiliki postur tubuh yang kokoh, mulai bagian kepala sampai pangkal sirip buntut memiliki tebal ukuran yang sama, namun pada bagian ujung ekor terlihat membujur lancip.

Gerakanya sangat aktif dan agresip tidak seperti ikan cupang hias yang cenderung lebih tenang. Kita bisa bedakan mana ikan adu yang bagus, kita lihat dari ikan melihat lawan atau anda bisa menggunakan bantuan kaca untuk menunjukan ketangkasan dan keagresifanya saat melihat musuh. Sirip pada ikan adu akan mengembang penuh, dan itu menunjukan ikan memiliki mental yang sangat baik untuk bertarung. Bibir ikan tampak kokoh dan cenderung lebih tebal dan memiliki gigi yang runcing tajam. Cupang adu dari spesies Betta mahachai.

Cupang adu banyak di gunakan sebagai lomba dari spesies Betta splendens, Betta imbellis, Betta mahachai dan variasi silangan-silangannya. Ikan cupang adu banyak sekali di budidayakan dan sering di lombakan di daerah asia termasuk indonesia, tetapi menurut America serikat adu cupang tidak layak untuk di teruskan, karena ini sangat kejam ujarnya.


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Ikan Cupang


Mengenal jenis-jenis pakan lele berdasarkan umur lele 1 hari – panen
Mengenal jenis-jenis pakan lele berdasarkan umur lele 1 hari – panen
Nelayan
Nelayan
Cara adu cupang yang baik dan benar
Cara adu cupang yang baik dan benar
Produksi ikan hias dari laut
Produksi ikan hias dari laut
Analisa Usaha Bisnis Ikan Cupang Yang Menguntungkan
Analisa Usaha Bisnis Ikan Cupang Yang Menguntungkan

Komentar ditutup.