Air pada buah – buahan

Agrotani.com – 50-60% tubuh manusia dewasa terdiri dari air yang tersimpan pada semua jaringan. Air merupakan komponen penting penyusun darah,getah limpa, getah lambung,dan otot.Air juga berfungsi melarutkan gula dan garam,serta sebagian mineral dan vitamin.Selain itu air bertanggung jawab pada pengaturan suhu badan.

Serat Kasar

Serat berfungsi untuk memperlancar pembuangan ampas makanan yang sarinsarinya sudah diserap oleh tubuh.Serat tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan,tetapi sangat berarti bagi metabolisme,Serat terdiri dari beberapa substansi,tapi ada 4 substansi penting yaitu:
Selulosa, hemiselulosa, pektin dan lignin.

Sifat fisika yang terpenting yang dimiliki serat adalah kemampuan mengikat air yang dimiliki oleh hemiselulosa dan pektin.Sedangkan selulosa dan lignin bersifat tidak mengikat air.

Semua buah-buahan dan sayuran kaya akan serat meskipun dalam jumlah yang berbeda menurut jenisnya Karena serat merupakan penyusun setiap dinding sel tanaman.Sumber serat yang baik adalah sayuran buncis putih, kapri, bayam,biji wijen, kedelai, buah aprikot kering,dan kismis.

Buah-buahan