DAFTAR
MASUK

7 Pilar Nutrisi Manusia

ID 1225 Di KESEHATAN
7 Pilar Nutrisi Manusia

buah-merupakan-sumber-antioksidan
AGROTANI.COM
 – Hidup sehat dengan aneka buah segar yang sangat kaya akan nutrisi dan sumber vitamin, sangat di butuhkan sekali untuk tumbuh manusia, namun tidak semua orang yang mengtahui bagaimana pentingnya nutrisi, karena sebagian manusia sangat takut sekali kalau mereka tidak makan daging dan ikan. Bahkan yang lebih parahnya lagi ada orang yang tidak suka sayuran dan buah buahan yang padahal sangat baik untuh tubuh mereka. Sebenarnya semua unsur hewani sangat baik, namun ada yang lebih baik lagi yaitu sayur dan buah untuk di konsumsi oleh kita. Bandingkan saja dengan kandungan yang lebih menonjol tentu saja sayur dan buah yang lebih baik.

Buah-buahan dan sayur sangat baik sekali untuk kita konsumsi setiap hari. Kita ambil contoh menkonsumsi makanan 3 – 4 kali sehari akan sangat baik untuk tubuh dan mempunyai nutrisi yang lengkap tidak perlu takut akan kekurangan mineral atau vitamin, selain baik untuk tubuh sayur dan buah juga bisa mencegah kita terhadap penyakit dan memperkecil resiko kanker, stroke, dan penyakit hati. Buah buahan yang kaya akan vitamin, serat, mineral, gula alam yang pada akhirnya mereka yang tidak suka sayuran dan buah buahan akan berdampak pada kesehatan mereka yang biasanya perut yang bunci bahkan lebih parah lagi dari itu.

Banyak orang ketakutan dengan hal ini, bukan hanya  kita menkonsumsi saja tetapi dengan terjadwal atau secara teratur tubuh kita akan merespon banyak hal yang luarbiasa untuk tubuh kita, perekonomian pada negara di indonesia, sangat baik apabila banyak yang memperhatikan tentang hal ini. Nutrisi dan gaya hidup sehat harus sesegera mungkin di rawat sedini mungkin, seperti pepatah mengatakan bahwa sehat itu mahal harganya, nah langsung saja kita bahas pokok bahasannya.

1. Protein

Manusia akan lemah daya tahan tubuhnya apabila kekurangan perotein di dalam tubuhnya, hal buruknya yang lebih parahnya lagi kekurangan protein tubuh akan mudah terinfeksi kuman dan bakteri, sehingga penyakit akan mudah datang, kesehatan akan terganggu, begitu juga sebaliknya jika kita berlebihan terutama yang bersumber dari unsur hewani, atau kebanyakan protein  akan membawakan efek yang negatif ntuk tubuh, di sarankan kita dapat mengatur tubuh kita dengan baik ya itu mengontrol asupan makanan yang bergizi untuk mencegah kita dari penyakit. Harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang segar secara teratur.

2. Lemak

Banyak sekali orang sangat takut lemak, tetapi manusia tanpa lemak apa jadinya ? alasanya karna lemak memiliki peran yang sangat penting untuk manusia yaitu, untuk melarutkan vitamin yang akan di masukan ke dalam darah kita seperti vitamin yang kita ketahui A, B, C, D, E, dan K tidak dapat larut oleh air maka lemaklah yang dapat melarutkan vitamin A, B, C, D, E, dan K agar dapat masuk kedalam darah dan menyarurkan ke bagian – bagian organ yang membutuhkan vitamin.

3. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan pasok energi bagi tubuh yang tersusun atas (C), Hidrogen (H), dan (O) terdapat gula, zat pati, dan silulosa. Karena karbohidrat di lepaskan dengan lambat di dalam tubuh secara alamiah, karena di lepaskan dengan secara pelan-pelan maka karbohidrat tidak bisa keluar dan akan berubah bentuk menjadi glykogen sangat terbatas akan menjadikan penyimpanan di alih kan di otot dan di hati.

4. Mineral dan unsur mikro

Unsur meniral adalah unsur – unsur yang menjadi bahan penyusun yang sangat penting yang harus anda ketahui, mineral memiliki tugas untuk menyusun vitamin, enzim, hormon, sel-sel tubuh, jaringan tubuh, tulang, gigi, enzim, jaringan tubuh, dan  bertanggung jawab sebagai kelancaran semua tentang aktifitas yang terjadi di dalam tubuh kita.

5. Vitamin

Nah vitamin sudah tidak asing lagi di telinga kita pasti kita tahu bahwa vitamin berperan sekali bagi tubuh, untuk mencukupi kebutuhan tubuh vitamin harus kita dapati dari luar tubuh yaitu dari makanan yang bersumber dari buah dan sayur. Vitamin banyak tugas dalam tubuh manusia seperti mengatur biokimia sehingga peroses-proses akan berjalan normal.

6. Serat kasar

serat berpungsi sebagai memperlancar ampas yang tadinya berupa makanan yang telah masuk kedalam usus, lalu sari makanan yang sudah diserap oleh tubuh yang nantinya akan berpungsi untuk tubuh. Serat tidak dapat di cerna di dalam tubuh karena serat adalah hampas tetapi sangat berpungsi untuk metabolisme.

7. Air

50 % – 60% air terdapat pada tubuh manusia dewasa, bisa di bayangkan air sangat berperan sekali bagi tubuh untuk penyusun darah, tidak hanya itu air juga berguna untuk melarutkan gula dan garam, serta untuk melarutkan mineral dan vitamin, serta air bertanggungjawab untuk pengaturan suhu tubuh.

Kesimpulannya dari 7 pilar nutrisi manusia di atas kita harus sadar kesehatan sangatlah penting yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya, banyak menkonsiumsi buah dan sayur dan pola hidup yang sehat kita bisa mencegah dari penyakit yang akan merugikan kita.

Artikel terkait

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Kesehatan


Komentar ditutup.