DAFTAR
MASUK

4 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

ID 23770 Di PERTANIAN
4 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

AGROTANI.COM – 4 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Pertumbuhan tanaman sangat penting bagi hasil panen yang kita dapat, anda wajib mengetahuinya agar pertumbuhan tanaman yang lebih berpotensi, saya sudah melakukan beberapa riset tentang faktor yang sangat penting bagi tanaman ketika hasil menjadi 90% berhasil, sebenarnya faktor – faktor ini sangat harus di perhatikan.

Saya akan mengulas bagaimana cara agar tanaman kita jauh lebih baik dari sebelumnya, mudah – mudahan anda tidak bosan membacanya.

4 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

4 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Pertumbuhan Internal dan Exsternal

Dua faktor ini melibatkan ilmu biologi dan sangat terlihat dampak berhasil dan tidaknya tanaman yang kita tanam jadi beberapa faktor ini menunjang beberapa bagian :

FAKTOR INTERNAL

Genetik


Faktor ini berada di dalam tanaman yang menunjang keberhasilan hingga 30% dari ilmu pertanian, pewarisan sifat indukan salah satunya, dari beberapa tanaman yang mengintimidasi sifat serta hasil peroduksi tanaman, baik atau buruknya tanaman itu di tunjukan sifat indukan tanaman, beberapa kemungkinan bayangkan jika anda menanam tanaman yang kurang bagus varietasnya walau bagai manapun akan sangat sulit di ubah menjadi baik hasilnya.

Hormon ( zat tumbuh )


Reproduksi, metabolisme serta pertumbuhan berkemangannya tanaman sangat tidak mungkin jika ingin berhasil berbudidaya, tanaman sedangkan hormon yang terkandung sedikit, ulasanya hormon bisanya di dalam tumbuhan mengandung zat organik dan kimia selain itu keberhasilan faktor ini biasanya melibatkan pemeliharaan atau bisa tidak.

FAKTOR EKSTERNAL

Nutrisi


Nutrisi yang baik dapat menentukan keberhasilan, yang berkepentingan sebagai bahan energi dan bahan zat yang di perlukan untuk perkembangan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik, saya ambil contoh tanaman pisang yang sudah anakan, jika tidak segera di pisahkan dengan induknya peroduksi pohon pisang akan menurun, saya akan mempermudah agar jelas, tanaman ibarat seperti kita, mereka butuh makan dan butuh aktifitas, di ibaratkan manusia yang biasa makan 1 piring dan karena udah punya anak menjadi setengah piring dan nambah lagi anak menjadi 1 di bagi tiga dan seterusnya sehingga nutrisi berkurang otomatis produksi berkurang, nutrisi biasanya berkaitan erat dengan fotosintesis untuk menghasilkan zat makan.

Lingkungan


Faktor lingkungan di bagi lagi dengan beberapa begian yang berada di tempat suatu wilayah dan tanaman jenis cocok dengan linkunganya yaitu : suhu udara, cahaya, dan kelembaban.

Kita harus tahu bagaimana sifat tanaman yang akan kita tanam sehinga tanaman tumbuh dengan sempurna, pernakah anda ketika melihat refrensi syarat tumbuh tanaman ? Nah karena di dalam tanaman sangat menunjang dan menentukan keberhasilan.

Tadi faktor – faktor yang mempengaruhi menurut ilmu biologi dan sekarang kita ke faktor – faktor yang lebih ditail lagi.

1. Kesuburan tanah


Tidak bisa di pungkiri media tanam (tanah) yang subur dari tanaman, karena tanah adalah media yang berperan penting untuk tanaman dan kelangsungan hidupnya, sebagi penompang tegak tanaman yang terkandung unsur hara yang baik di tandai dengan kesuburan tanah yang terdapat mikroorganisme di dalamnya, yang membantu dalam menjaga kesuburan serta membuat tanah gembur, jadi tanah yang subur sangat penting sekali.

2. Kualitas bibit


Seperti kita bahas di atas bibit yang berpotensial genetiknya baik atau varietas yang unggul sangat berdampak secara signifikan dimana dengan sifat tanaman yang produksi bagus hasil panen yang kita peroleh bisa mencapai 2 x lipat dari normal namun itu tidak mudah.

3. Pengetahuan berbudidaya


Sangat penting untuk kita mengetahui begaimana karakter sifat serta kebutuhan tanaman, dengan pengalaman berbudidaya semua itu tidak masalah, karena seorang petani yang berpengalaman dalam hal berbudidaya contohnya ketika mereka bercocok tanam pada waktunya panen, serta pengendalian OPT mereka sangat sigap dan tahu betul bagai mana tindakan untuk selanjutnya, pengalaman memang kita dapatkan dengan proses waktu yang tidak sedikit, melalui kegagalan maka pengalaman akan kita dapat jangan takut gagal ya pak taniku.

4. Amal dan ibadah


Kita memiliki tuhan yang  memberikan kita kehidupan serta tumbuhan yang amat sempurna, inti dari semuanya ya ini berdoa dan ibadah tentulah kita wajib dan sangat wajib melakukanya.

Beberapa keberhasilan menurut petani sukses di wilayahnya, ini lah faktor  faktor menurut mereka :

Kata orang Indonesia

      1. Persemaian 40%
      2. Dilahan 40%
      3. Amal ibadah 20%

Kata orang jepang atau (nai han saku)

      1. Persemaian 50%
      2. Dilahan 50%

Jika anda melakukan dengan sabar dan teliti semua resiko kegagalan akan berkurang, semoga bermanfaat untuk anda, saya ucapkan terimakasih atas kunjungan anda.

Baca Juga :

Cara meningkatkan kualitas produksi pangan

Peluang Usaha Untuk Produksi Umpan Ikan Laut

Mengenal Metode Padi SRI ( SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION )


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman


6 Lowongan Kerja Pertanian Yang Pasti Diterima
6 Lowongan Kerja Pertanian Yang Pasti Diterima
3 Cara Membuat Koperasi Pertanian Dengan Mudah
3 Cara Membuat Koperasi Pertanian Dengan Mudah
Peluang wirausaha dalam bidang pertanian dan perkebunan di indonesia
Peluang wirausaha dalam bidang pertanian dan perkebunan di indonesia
Cara membuat pupuk organik cair dengan em4 kualitas super
Cara membuat pupuk organik cair dengan em4 kualitas super
Panduan lengkap: cara membuat pupuk guano yang baik dan benar
Panduan lengkap: cara membuat pupuk guano yang baik dan benar
  1. ipah kholipah3 tahun yang lalu

    ternyata begitu yah mas faktornya 🙂 info yang sangat bermanfaat sekali mas terimakasih ..

  2. ipah kholipah3 tahun yang lalu

    ternyata begitu yah mas faktornya 🙂 info yang sangat bermanfaat sekali mas terimakasih ..