Solusi terbaik mengatasi daun cabai rontok dan menguning

5759 views Di PERTANIAN

Agrotani.comSolusi terbaik mengatasi daun cabai rontok dan menguning sangat mudah sekali kita atasi, namun petani kita sering kali cemas dan takut akan menurunkan produksinya. Namun perlu anda ketahui gejala ini sering sekali terjadi di berbagai daerah yaitu mengalami nekrosis dan klorosis secara serentak atau beberapa pohon.

Istilah yang sering kita kenal nekrosis dan klorosis adalah kondisi suatu tanaman yang mengalami gejala kesehatan. Artinya suatu tanaman tertentu mengalami kekurangan unsur tertentu. Hal ini sering sekali terjadi dialami oleh petani terutama pada pembudidaya sayuran, namun tidak berarti hanya tanaman sayuran saja yang mengalami gejala ini.


Solusi terbaik mengatasi daun cabai rontok dan menguning


Ketahui Ciri-cirinya


Untuk mencegah kerontokan dan daun yang menguning anda harus paham betul dengan nekrosis dan klorosis, biasanya akan terjangkit pada bagian helaian daun (lamina daun), pada tulang daun, hingga menjalar pada bagian tangkai daunnya. Untuk mencegahnya anda harus memberikan asupan nutrisi seperti unsur hara Chlor, Kalsium (Ca), Kalium (K), Nitrogen (N), Magnesium (Mg), dan Zn (Seng). Saya rasa ini sangat umum sekali karena bukan hanya tanaman cabai saja yang mengalami daun menguning dan rontok. Perhatika setelah anda menambahkan unsur-unsur hara saya tadi sebutkan dan kemudian bandingkan dengan yang tidak diberikan unsur itu.

Sebaiknya gejala ini secepatnya anda atasi sebelum menjalar ke semua bagian, akibat lebih parahnya jika tidak datasi segera, tanaman akan kerdil dan lama untuk tumbuh karena kekurangan unsur hara yang mereka butuhkan untuk pertumbuhannya.

Jika anda menanam di pot atau polybag maka akan sangat jelas sekali terlihat dan tanaman yang anda pelihara akan menunjukan hal serupa. Pemeliharaan di polybag atau pot sangat mengandalkan kita untuk asupan makanan yang akan dicerna oleh tanaman.

Dampak parahnya jika tanaman sudah seperti ini akan mudah sekali terserang hama dan penyakit. Jadi lakukan pencegahan dengan mencukupi makanannya dan menambahkan berbagai asupan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh mereka. Namun jangan terlalu berlebihan ya secukupnya saja.

Sejauh ini yang kami lakukan adalah pemberian dengan memberikan pupuk N dengan dosis sesuai anjuran ditambahkan dengan Kalsium dan Kalium cukup. Sekarang tinggal anda praktikan dirumah. Jangan lupa gabung bersama kami untuk bertanya lebih jelasnya untuk daftar dan menjadi anggota kami gratis kok anda nantinya akan mendapat bingbingan dari kami.

Buat pertanyaan

Tag : #Tanaman Cabai

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani

Jenis Kelompok Cabai Termahal dan Terpedas di Indonesia 2018
Jenis Kelompok Cabai Termahal dan Terpedas di Indonesia 2018
Cara Budidaya Cabai Hidroponik
Cara Budidaya Cabai Hidroponik
Pupuk – pupuk dasar yang dibutuhkan oleh tanaman cabai
Pupuk – pupuk dasar yang dibutuhkan oleh tanaman cabai