Makanan parkit yang baik dan benar

Di PETERNAKAN

Agrotani.com – Burung parkit bukan merupakun burung asli Indonesia, melainkan dari Australia. Di habitat asalnya burung ini biasa memakan biji rerumputan yang tumbuh di sekitarnya. Selain itu parkit juga memakan buah-buahan dan hijauan segar yang ditemuinya. Kadang-kadang parkit juga turun ke tanah untuk mematuk dan menelan pasir dan kerikil-kerikil kecil untuk membantu pencernaannya dan sekaligus memenuhi kebutuhan akan mineral.

Sebagai burung piaraan, parkit harus diberi makanan yang bergizi agar kesehatannya terjaga dan penampilannya tetap menarik. Sebagai makanan utama, setiap harinya bisa kita berikan jewawot. Pemberian jawawut sebaiknya dalam bentuk untaian malai yang digantung pada dinding kandang. Bila biji-bijan lain seperti gandum lampung, biji kenari, dan biji sawi bisa dijadikan sebagai pengantri. Biji-bijan tersebut dapet diberikan secara sendiri – sendiri atau dicampur dengan biji bijian lain. Pemberian campuran biji akan lebih baik karena memberi kesempatan burung untuk memilih. Selain itu, burung perkit juga bisa diberi makan jagung muda. Jagung tersebut diberikan dalam bentuk tongkol dengan kulit dikupas sedikit.

Sayur Dan Buah

 

Sayuran yang dapat diberikan antara lain kangkung, bayam, kubis, dan tawon. Buah-buahan yang biasa diberikan sebagai pakan adalah pisang dan pepaya yang sudah masak. Sayuran dan buah-buahan ini diberikan secara bergantian.

Tambahan Mineral

Untuk membantu pencernaan dan memenuhi kebutuhan mineral, kita berikan grit berupa tulang cumi- cumi, pasir halus, tumbukan atau batu merah. Pemberian mineral dan vitamin sintetis dapat diberikan setiap sepuluh hari sekali atau tergantung kebutuhannya.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

Pemberian Pakan

 

Pemberian pakan sebaiknya dilakukan secukupnya saja, jangan kekurangan atau berlebihan. Pemberian biji-bijian yang berlebihan dapat menyebabkan burung menjadi gemuk. Untuk mengatasi kegemukan, porsi pemberian biji bijian dikurangi, sedangkan jumlah sayuran yang diberikan ditambah.

Penyedian Air

 

Penyediaan dan penggantian air minum juga harus dilakukan setiap hari. Air minum harus bersih dan tidak tercemar zat-zat yang dapat meracuni burung. Sebaiknya digunakan air matang yang telah didinginkan saat udara panas perlu disediakan air untuk mandi.

Buat pertanyaan

Tag : #Pakan Burung #Parkit

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani
Pakan Pelengkap Untuk Burung Ocehan
Pakan Pelengkap Untuk Burung Ocehan
Pakan Burung Yang Masih Layak
Pakan Burung Yang Masih Layak
Cara membuat jamu untuk burung peliharaan
Cara membuat jamu untuk burung peliharaan
Pengaruh Pakan Terhadap Burung
Pengaruh Pakan Terhadap Burung
Ramuan rahasia untuk kenari
Ramuan rahasia untuk kenari
Cara Mudah Membuat Pakan Buatan Untuk Burung
Cara Mudah Membuat Pakan Buatan Untuk Burung