Cara pemupukan tanaman kentang

Di PERTANIAN

Pupuk dasar


Pupuk dasar merupakan pupuk yang diberikan sebelum tanaman yang anda tanam dilakukan. Petani umumnya menggunakan pupuk berjenis pupuk organik, pupuk kandang dan kompos. Sebenarnya jenis pupuk organik sangat banyak. Untuk jenis pupuk kandang misalnya, bisa berasal dari sapi, domba, ayam, atau kuda. Begitu pula dengan kompos, bisa berasal dari tanaman jagung rumput, atau sampah dedauaan. Seberapa jauh jenis pupuk ini bermanfaat untuk tanaman kentang?

Pemberian pupuk ada dua cara, yaitu sebagai berikut

1) Pupuk organik dicampurkan pada tanah sampai kedalaman 20 cm ketika pembuatan bedengan dilakukan. Setelah dicampur rata, barulah bedengan atau guludan diratakan. Dengan cara ini, kebutuhan pupuk per hektar 20-30 ton untuk lahan baru atau lahan yang kesuburannya kurang memenuhi syarat. Kalau kesuburannya cukup, biasanya pupuk organik yang digunakan sekitar 10-15 ton per hektar

2) Pupuk dasar diberikan setelah bedengan atau guludan dibuat. Pupuk organik ini ditanan di sekitar lubang tanam. Lebih jelasnya sebagai berikut :

  1. Takarannya, untuk ukuran per lubang tanam, kira-kira 0,5-1. Dengan takaran ini, rata-rata kebutuhan per hektar sekitar 10-15 ton.
  2. Pupuk ditanamkan ke dalam tanah di sekitar lubang tanam dalam lubang tanam, atau ditanamkan pada larikan penanaman.
  3. Penanaman pupuk sedalam 10-20 cm.
  4. Pemberian pupuk ini satu atau dua minggu sebelum tanam dan bersamaan dengan pemberian pestisida. Pestisida diberikan dengan cara mencampurkannya secara merata dengan tanah. Pestisida yang bisa dipakai seperti Furadan dengan takaran 30-40 kg/ha atau Antricol dan Dithane dengan takaran 2-3 kg/ha.
  5. Selain pupuk dasar itu, ada beberapa petani yang melakukan pupuk buatan (NPK atau Urea, ZA TSP, dan KCI). Takaran NPK kira-kira 100 g/lubang. Kalau menggunakan campuran Urea, ZA, TSP, dan K per lubang tanam takatannya 12g, 8g, 15 g, dan 5 g. Jadi diperlukan urea 225 kg, ZA 150 kg,TSP 300 kg, dan KCL 100 kg. Bila musim hujan, maka Urea hanya 100 kg. tetapi ZA menjadi 400. Pupuk buatan ini ditanamkan dekat lubang tanam dengan jarak 10 cm atau dimasukkan ke dalam lubang tanam. Pemberian pupuk ini dapat dilakukan bersamaan dengan pembuatan guludan atau bersamaan dengan pemberian pupuk organik dan pestisida

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

Cara Pemberian

Keterangan :

  • X X X = Tempat penaburan pupuk buatan
  • 0 0 0 = Tempat penanaman umbi kentang
  • / / / = Pupuk organik ditabur dalam garitan secara merata
  • – =  Pupuk ditebar secara merata ditempat

<< Lihat Tentang kentang lainnya

Buat pertanyaan

Tag : #Tanaman Kentang

Zenzen Zainudhin

Seni adalah bertani

Cara penyimpanan kentang yang baik dan benar
Cara penyimpanan kentang yang baik dan benar
Tips Jitu Panen Dan Pasca Panen Tanaman Kentang
Tips Jitu Panen Dan Pasca Panen Tanaman Kentang
Cara jitu Penyimpanan kentang bibit yang baik dan benar
Cara jitu Penyimpanan kentang bibit yang baik dan benar
Cara penyimpanan kentang konsumsi
Cara penyimpanan kentang konsumsi
Perlukah seleksi ulang pada umbi kentang ?
Perlukah seleksi ulang pada umbi kentang ?
Jenis umbi kentang yang cocok untuk digoreng dan direbus
Jenis umbi kentang yang cocok untuk digoreng dan direbus