Perbedaan Budidaya Hidroponik dan Konvensional

Di PERTANIAN

Agrotani.comPerbedaan Budidaya Hidroponik dan Konvensional – budidaya secara konvensioanal dan budidaya secara hidroponik memiliki keunggulan dan kelemahannya masih-masing, namun dalam hal lainnya ternyata banyak sekali yang kita harus tau mengenai perbedaan antara budidaya hidroponik dan konvensional.

Jika kita mengetahui perbedaan budidaya hidroponik dan konvensional kita akan lebih terbuka wawasan mengenai keuntungan dan kerugian dalam melakukan sebuah usaha. apa saja perbedaanya mari kita simak pembahasan berikut ini :

Perbedaan Budidaya Hidroponik dan Konvensional

1. Serangan Penyakit dan Hama

Seperti yang kita ketahui bahwa pada budidaya konvensional media tanam menggunakan tanah yang dimana dalam tanah tersebut sudah terdapat unsur hara yang dibutuhkan tanaman namun tidak hanya itu saja didalam tanah terdapat juga terdapa berbagai penyakit yang bisa menyerang tanaman. jika dibandingkan dengan budidaya hidroponik jelas bahwa dalam budidayanya menggunakan media air, ini kan menimalisir adanya serangan penyakit dan hama pada tanaman.

Pada sistem hidroponik biasanya dilakukan pada lingkungan-lingkkungan yang sudah terkendali,jadi serangan hama dan penyakit bisa lebih terkendali, perawatannya pun bisa lebih intensif serta penggunakan pestisida untuk memberantas tanaman bisa diminimalisir.

2. Pengolahan

Sudah jelas bahwa pada sistem hidroponik medianya menggunakan air dan peralatan dan kebutuhan lainya untuk menopang tumbuh tanaman. jika dalam budidaya konvensional media tumbuh tanaman pada tanah sebagi penyedia unsur hara dan sebagi penopang tanaman, namaun sebelum kita melakukan penanaman kita perlu melakkukan pengolahan tanah seperti menggemburkannya dan pembuatan guludan serta membuat lobang tanam hingga kita perlu menutupnya kembali. selain itu dalam budidaya konvensional pertumbuhan tanaman lainnya tidak dapat dihindari seperti gulma, tanaman parasit yang bisa merugikan bagi tanaman yang dimana terjadinya perebutan makanan bagi tumbuh tanaman.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

3. Penggunaan Pupuk & Air

Dalam pemupukan pengunaannya lebih efisien jika dibandingkan dengan pengolahan konvensional, jika kita melakuak budidaya secra konvensional kebutuha pupuk untuk tanaman dari mulai pupuk kompos/organik, pupuk cair, pupuk kimia dan lainnya, dalam sistem hidroponik dalam pemberian nutrisi yang erkandung dalam pupuk sangat praktis karena sudah terdapat dipasaran yang menjual khusus pupuk untuk hidroponik tinggal di larutkan dalam air.

selain itu ketika kita melakukan budidaya secara hidroponik kita tidak perlu melakukan penyiraman, karena air sudah tercukupi dengan pelarutan nutrisi yang dicampur air.

4. Pemeliharaan

perbedaanKetika melakukan budidaya tak heran kita harus melakukan perawatan dan meninjau terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman dalam produksi dan produktivitasnya.budidaya secara hidroponik kita bisa lebih intensif dalam melakukan pemeliharaanya, jika dibanding dengan konvensional banyak perawatan yang dilakukan dari penyiangan dari gulma-gulma yang tumbuuh disekitar tanaman, pengolahan lahan yang keras. dll

5. Pengerjaan

Perbedaan budidaya hidroponik dan konvensional lainnya yaitu dalam melakukan budidaya secara konvensional terkadang kita memerlukan tenaga kerja untk pengolahan lahan, penanaman, dan lainnya dengan menggunakan alat dan pekerja yang banyak. namun jika dibandingkan dengan sistem hidroponik kita tidak perlu alat-alat yang berat dalam perawatannya. dalam sistem hidroponik kita tidak memerlukan banyak tenaga kasar. ini akan lebioh mudah dalam pengerjaannya.

6. Out Of Season

Dalam budidaya secara konvensional kita melakukannya berdasarkan musim. namuan tidak halnya dalam sistem hidroponik. ini salah satu keunggulan dalam hidroponik dimana kita bisa membudidayakan tanman diluar musim.

Baca juga :

Jenis-Jenis Metode Hidroponik
Budidaya Tomat Cerry Secara Hidroponik
Cara Budidaya Tanaman Hias Hidroponik

Demikian itulah beberapa perbedaan budidaya hidroponik dan konvensional, diluar itu terdapat beberapa keunggulannya masih-masih dalam kelemahan sistem hidroponik untuk menanam tanaman buah-buahan yang tumbuh besar mungkinmemiliki resoki yang cukup besar juga jika dibanding dengan sistem hidroponik. sistem konvensioanl dan sistem hidroponik tinggal disesuaikan dengan tanaman dan lingkungan tumbuhnya tanaman.

 

Buat pertanyaan

Tag : #Hidroponik

author
Penulis: 

    Keep interesting, Creat good study habit

    3 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Menjadi Hidroponik
    3 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Menjadi Hidroponik
    Jenis-Jenis Metode Hidroponik
    Jenis-Jenis Metode Hidroponik
    Budidaya Tomat Cerry Secara Hidroponik
    Budidaya Tomat Cerry Secara Hidroponik
    Cara Budidaya Tanaman Hias Hidroponik
    Cara Budidaya Tanaman Hias Hidroponik
    Cara Budidaya Cabai Hidroponik
    Cara Budidaya Cabai Hidroponik
    Menanam Hidroponik
    Menanam Hidroponik