Waspadai Penyakit Pada Ternak Sapi ini !

Di Peternakan

Agrotani.com Penyakit Pada Ternak Sapi – Ternak yang sehat dan protuktif tumbuh kembangnya baik sangat diharapkan sekali bagi peternak, karena bisa menimalisir permasalahan lainnya yang muncul. namun adakalanya hewan ternak terjangkit penyakit, salah satu penyait yang menyerang pada sapi adlah penyakit pedet, penyakit pedet mertupakan penyakit yang menyerang pada anak sapi dimana kondisi ni sangat membahayakan si anak sapi/pedet.

dengan demikian jika kita lebih tau hal apa saja dalam melakukan tindakan jika penyait inni muncul serta mencegana dan penanggulangannya. simak artikel ini semoga memberikan pepengetahuan yang anda perlukan.

Penyakit Pedet Pada Ternak Sapi

Umumnya penyakit pedet pada ternak sapi disebabkan oleh kesalahan nutrisi, apakah kolostrum yang tidak cukup, kekurangan susu sering bila pemilik ternak sangat bersemangat menjual susu) ; kegagalan pengendalian infeksi cacing;kurang vitamin A, atau kadang-kadang sebagi akibat pemberian pakan terlalu banyak atau terlalu cepat

Pemberian Pakan

Mencegah Penyakit Pada ternak sapi pada Pedet yaitu pemberian pakan induk sapi adalah cara terbaik karena pedet pada hari-hari permulaan diberi pakan sedikit dan sering untuk mencegah  Pada pakan buatan untuk pedet harus diberikan sebanyak ukuran yang benar pada setiap pakan sesuai dengan umurnya dan diberikan sejumlah pakan yang tepat setiap hari umur tersebut.

Sangat penting bahwa pedet selama 4 hari pertama, harus menerima susu kolustrum dari induk dan antibodi yang ada padanya. hal ini untuk menyakinkan pedet memiliki derajat ketahanan yang tinggi melawan penyakit.

Tali pusar

Suatu tindakan yang baik adalah mencelup tali umbilicus (tali pusar) dalam yodium tinktur segera setelah kelahiran. ini sangat penting bila sapi harus dibantu sewaktu melahirkan pedet.

Kondisi Kandang

Pedet harus dipelihara dibawah kondisi kandang yang bersih tidak terlalu penuh sesak dengan banyak alas material dan dijauhkan dari komntaminasi oleh hewan yang lebih tua.

Kebersihan Peralatan

Dalam mencegan penyait pada sapi, khususnya penyakit pedet, Peralatan yang dipergunakan untuk memberi makan dengan tangan harus selalu disimpan sebersih mungkin dan pedet harus diberi pakan dengan kualitas baik dan dipelihara bebas terhadap caplak serta parasit luar yang lain dan parasit internal.

“Kerusakan sistem pencernaan oleh pemberian pakan yang salah dapat membuka jalan kearah terjadinya infeksi oleh organisme mikro spesifik seperti Ecoli, Salmonela atau berbagai macam virus. hasil infeksi dapat menyebar ke dalam pedet yang semula sehat”

Demikian itulah pemaparan mengenai penyakit pedet pada ternak yang disebabkan dari pakan, kebrsihan nperalatan serta perlakuan-perlakukan lainnya yang bisa memicu munculnya penyakit. pencegahan dalam penyakit pedet sangat didahulukan

 

Komentar

Info Penting...!!!

Jika artikel diatas kurang mengerti anda bisa menanyakan ke komunitas kami secara gratis, ada ribuan yang sudah bergabung.

Kenapa harus Agrotani ?

Anda akan mendapat informasi dan memberikan dukungan penuh untuk menciptakan ekonomi petani, nelayan, peternak yang lebih baik dari sebelumnya, bergabunglah bersama kami untuk menciptakan pertanian yang lebih baik. Anda bisa menanyakan kendala anda atau memberikan informasi

Daftar dan Konsultasi

Tag : #pedet #penyakit sapi #Peternakan #sapi #ternak sapi

author
Penulis: 

    Keep interesting, Creat good study habit

    Artikel Terkait Waspadai Penyakit Pada Ternak Sapi ini !