Cara mengobati penyakit Anthrax pada sapi dan pengobatannya

1319 views Di PETERNAKAN

Agrotani.com – Penaggulangan penyakit anthtax merupakan penyakit yang berbahaya dan bukan saja dapat terjangkit oleh hewan ternak, penyakit Antrax juga bisa menyebar ke manusia. Penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit zoonosis. Anthrax juga sering di sebut sebagai penyakit radang limpa. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh, bakteri yang masuk ke dalam tubuh biasanya melalui makanan atau minuman yang kotor dan mengandung bakteri basillus anthracis.

Bukan hanya melalui makanan saja, bakteri antrax bisa masuk ke dalam tubuh melalui tanah yang digunakan oleh ternak atau bisa masuk pada bagian sapi yang terdapat luka. Bahkan di gunakan disinfektan dan panaspun tidak bisa menghentikan penyebaran atau serangan penyakit ini. Jika sapi anda terserang antrax, sebaiknya anda berhati-hati dan jangan mendekati sapi yang terkena penyakit tersebut, hindari kontak langsung dan gunakan peralatan untuk penanganan seperti masker, sepatu boot dan sarung tangan untuk menghindari penyebaran pada peternak. Bakteri ini sangat memungkinkan sekali pada organ yang terkena luka.

Anda harus mengetahui ciri-ciri sapi anda terserang penyakit ini, cara mudah ini bisa membantu anda dalam memeriksanya :

  1. Bila sudah akut, sapi akan mati mendadak
  2. Banyak pendarahan di beberapa bagian tubuh, biasanya berwarna hitam (pada lubang hidung dan mulut, pori – pori dan pada lubang anus sapi)
  3. Radang pada bagian limpa dan akhirnya sapi menjadi diare
  4. Pembengkakan pada bagian bawah perut
  5. Sapi demam, lemah dan mudah jatuh/ambruk
  6. Nafas tersengah – sengah.

Jika anda menemukan ciri-ciri dan terjadi pada hewan ternak anda, saya sarankan anda harus lebih memperhatikannya, dengan begitu anda bisa menghindari penyebaran dan mengobatinya. Untuk pencegahan dan pengobatan anda bisa melakukan hal berikut ini :

  • Vaksinasi spora avirulen secara berkala tiap tahun pada sapi yang belum terkena
  • Pengecekan, pembersihan dan karantina jika pada suatu daerah sudah terkena antrax
  • Jika sapi sudah terkena, berikan antibiotik dengan spektrum luas seperti Penisilin G, Oxytetracyclin, Streptomycin
  • Jangan memberi makan sapi dengan akarnya, biasanya hijauan. Berikan rumputnya saja
  • Hewan yang sudah mati jangan dibedah, jangan memegang langsung bagian luka. Langsung kubur saja bila perlu bakar bangkainya.
  • Jangan sering – sering kontak fisik dengan ternak jika tidak benar – benar darurat

Perawatan dan melakukan pencegahan harus anda lakukan demi kesehatan sapi yang kita pelihara. Dengan mencegah hal itu anda harus mengetahui betul kebersihan dan faktor yang mendukung bakteri jahat tumbuh. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Buat pertanyaan

Tag : #Penyakit #Penyakit Anthrax

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani

Hama Penyakit tanaman salak
Hama Penyakit tanaman salak
Obat penyakit busuk buah pada tanaman cabai
Obat penyakit busuk buah pada tanaman cabai
Cara mengendalikan Penyakit kudis pada tanaman kentang
Cara mengendalikan Penyakit kudis pada tanaman kentang