Daur Hidup Penggerek Batang Padi

Di PERTANIAN

Agrotani.comPenggerek Batang Padi – Ngengat penggerek padi umumnya meletakkan telur pada malam hari antara pukul 19.00-22.00. Peletakkan telur terjadi sejak malam pertama setelah menjadi ngengat hingga 3 -5 malam berikutnya.  Telur diletakkan dalam kelompok, satu kelompok tiap malam. Peletakkan telur tiap kelompok berlangsung selama 10-35 menit dan diletakkan secara acak.

Ngengat aktif pada malam hari, tertarik cahaya dan mempunyai daya terbang yang kuat. Ngengat Scirpophaga muncul dari pupa antara pukul 19.00 -21.00, sedangkan Chilo muncul antara pukul 15.00-23.00. Pada siang hari ngengat bersembunyi di permukaan bawah daun atau pada rumput-rumputan.

Penggerek Batang Padi

Penggerek Batang Padi

Jarak tempuh terbang ngengat dipengaruhi oleh keadaan cuaca, antara lain angin, cahaya, curah hujan dan suhu. Ngengat mampu terbang sejauh 6-10 kilometer, dan lebih jauh apabila mengikuti angin.

Lama hidup ngengat penggerek padi berkisar 5-10 hari. Lama hidup ngengat penggerek tercantum pada Tabel berikut ini.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

No Nama Hari
1 S. incertulas Telur Larva Pupa Imago Total
2 S. innotata 5 30 9 10 53
3 S. inferens 9 22 11 9 51
4 C. Suppressalis 6 33 11 9 70
5 C. polychryzsus 5 35 9 5 55
6 C. auricilius 8 22 10 10 19

 


Telur Penggerek Batang Padi


Ngengat betina mampu bertelur 100-600 butir. Semua ngengat penggerek padi meletakkan telurnya secara i berkelompok dengan jumlah telur 50-150 butir per kelompok Berdasarkan bentuk dan lokasi peletakkan telurnya, maka penggerek dapat digolongkan menjadi 3 kelompok yaitu :

Spesies Scirpohage 

  • Kelompok telur : Bentuk seperti gundukan kecil yang tertutup dengan rambut-rambut berwarna cokelat mengkilap.
  • Peletakan telur terletak di ujung helai daun.
  • Spesies ini paling banyak ditemukan di lapangan

Spesies Chilo

  • Kelompok te;ur : Bentuk seperti sisik-sisik ika yang terang dan tidak ditutupi, pipih dan terletak dalam deretan yang saling tumpang tindih.
  • Bisa ditemukan di pangkal helai daun dan kadang-kadang pada pelepah daun.

Spesies Sesamia

  • Bentuk bulat dan berukuran kecil dan terletak berderet.
  • Peletakan telur diantara pelepah daun dan batang.

Larva Penggerek Batang Padi


  1. Larva keluar dari samping atau atas kelompok telur menembus lapisan rambut penutup juga dapat keluar dari bawah kelompok telur tersebut dengan membuat 2-3lubang untuk menembus daun.
  2. Telur biasanya menetas pada pagi hari. Ca’ra perpindahan larva yang baru menetas tergantung pada fase pertumbuhan padi.
  3. Pada umumnya sebagian larva Scirpophaga dan Chilo bergerak menuju bagian pucuk tanaman, kemudian menggantungkan diri dengan benang halus dan terayun-ayun oleh angin, lalu jatuh ke air atau tanaman lain. Selama beberapa jam larva mengembara sampai menemukan tempat yang cocok untuk menggerek ke dalam batang melalui celah antara pelepah dan batang di sela pucuk, atau menggerek langsung pada pelepah daun. Larva Sesamia yang keluar dari telur tetap tinggal dan menggerek pelepah daun.
  4. Pada tanaman sebelum berbunga, larva menggerek masuk melalui pelepah, lalu pindah ke tangkai malai dan terus menuju ke bawah.
  5. Larya menggerek batang dari bagian atas ke arah pangkal batang. Gerakan larva tersebut mempengaruhi pertumbuhan tanaman di atas gerekan, yang dapat menimbulkan gejala sundep pada stadia pertumbuhan vegetatif, dan beluk pada fase pertumbu han generatif.
  6. Seekor larva mampu merusak beberapa tunas sebelum ia menjadi pupa. Perpindahan larva dari satu tunas atau tanaman ke tunas/tanaman lainnya terjadi karena keadaan tertentu, seperti permukaan air yang menggganggu, kondisi tanaman yang tidak cocok atau persaingan dengan larva lain.
  7. Stadium larva keenam jenis penggerek berkisar 2245 hari. Di lndonesia larva penggerek kuning di lapang berkisar 28-35 hari.
  8. Pada lingkungan yang buruk (kemarau panjang), larva instar akhir penggerek padi putih dapat berdiapause yaitu dengan menghentikan pertumbuhan dan perkembangannya untuk sementara guna menghindari keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan.

Pupa Penggerek Batang Padi


Pupa penggerek Scirpophaga terbungkus oleh kokon benruarna putih dalam ruas batang terbawah dekat bakal lubang keluar, sedangkan pupa penggerek Chilo dan sesamia tidak terbungkus dalam kokon. Pupa Chilo dan Scirpophaga umumnya terdapat dalam pangkal batang beberapa cm di atas permukaan tanah/air, sedang pupa sesamia terdapat diantara pelepah dan batang.


Tumbuhan lnang Penggerek Batang Padi


Penggerek padi Scirpophaga dan Chilo mempunyai tumbuhan inang khusus yaitu tanaman padi, sedangkan penggerek Sesamia mempunyai beberapa tumbuhan inang antara lain tanaman jagung, gandum, tebu dan beberapa tumbuhan liar. Perkembangan populasi penggerek padi dari musim ke musim lebih banyak didukung oleh adanya pertanaman padi terus menerus atau singgang dan tanaman padi yang tumbuh dari gabah yang tercecer di lapang pada waktu panen.

Buat pertanyaan

Tag : #Hama #Tanaman Padi

author
Penulis: 
Cara meningkatkan hasil panen padi 99% berhasil
Cara meningkatkan hasil panen padi 99% berhasil
Cara Cepat Mengatasi Gulma Pada Tanaman Padi
Cara Cepat Mengatasi Gulma Pada Tanaman Padi
Cara Menyemai Biji Padi Gogo dan Padi Sawah
Cara Menyemai Biji Padi Gogo dan Padi Sawah
Varietas padi unggul
Hama Penyakit tanaman salak
Hama Penyakit tanaman salak
Cara Terbaik Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi
Cara Terbaik Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi