Panduan Lengkap Menyemai Biji Tanaman

316 views Di PERTANIAN

Agrotani.com – Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak tanaman. Contohnya Batang, umbi, atau daun tanaman bisa disemaikan dan jadilah tanaman baru. Cara perbanyakan ini disebut setek. Namun ada juga dengan cara cangkok, okulasi, sambung, dan penanaman biji.

Persemaian

Dalam pembelajaran ini saya harapkan anda bisa mengetahui cara perbanyakan dengan biji bisa berhasildengan baik, namun untuk itu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Mulai dari pemilihan biji untuk benih, cara penyemaian benih, dan hal-hal lain sebagai kunci utama kesuksesan. Jenis tanaman yang bisa anda perbanyak ada banyak sekali.

Masing-masing tanaman mempunyai keunikan dalam penyemaian bijinya. Namun saya hanya bisa menyampaikan dari beberapa jenis saja dan sisanya bisa anda kembangkan.

Rangkuman ini dikumpulkan dan saya harap bisa mewakili dari beberapa kelompok tanaman yang bisa di perbanyak. Yaitu, perbanyakan tanaman pangan, tanaman sayur, tanaman buah, dan tanaman hias. Juga disajikan cara penyemaian biji untuk keperluan batang bawah. Dalam perbanyakan dengan okulasi dan sambung, batang bawah sangat diperlukan untuk disambung dengan batang atas.

Dengan cara sambung ini akan dihasilkan tanaman baru yang unggul. Sebenarnya jauh dari kata sempurna saya menulis ini, namun saya harap peningkatan penghasilan pertanian anda semakin meningkat dengan adanya pembelajaran ini. Saya ucapkan selamat belajar.

Buat pertanyaan

Tag : #Biji #Menyemai

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani