Nama Ilmiah Ikan Kerapu Bebek

Di KAMUS

Agrotani.com – Kerapu Bebek atau kerapu tikus (Cromlieptes altivelis) merupakan jenis kerapu yang harganya paling tinggi di antara semua jenis kerapu yang diperdagangkan.  Harga kerapu bebek di tingkat produsen (nelayan penangkap dan pembudidayakan)  antara  Rp. 350.000,00 – Rp. 400.000,00/kg. Sedangkan benih kerapu bebek ukuran 4-5 cm harga per ekomya antara Rp. 5.000.00 – Rp. 7.000,00. Kerapu diekspor dalam kondisi hidup ke beberapa negara di Asia antara lain Singapura,  China,  Hongkong,  dan Taiwan. Hongkong merupakan pasar utama ikan karang hidup,  termasuk kerapu bebek.


Kerapu bebek selain dikenal sebagai ikan konsumsi,  juga dikenal sebagai ikan hias,  terutama ikan muda. Penggemar ikan hias air laut (sea water ornamental fish)  mengenal kerapu bebek sebagai grace kelly atau panther grouper. Nama “Grace Kelly”  diambil dari nama artis layar perak Hollywood.  Amerika Serikat yang kemudian menjadi Ratu di Kerajaan Monaco. Grace Kelly dahulu gemar menggunakan gaun bercorak polkadot hitam dengan dasar putih Warna ikan grace kelly atau kerapu bebek putih,  putih abu-abu atau kuning langsat dipenuhi bintik-bintik hitam.  Inilah yang kemudian mengilhami pemberian nama ikan ini. Tidak jelas siapa yang pertama kali memberi nama ikan ini dengan nama”Grace Kelly.

Kerapu bebek merupakan spesies ikan karang yang telah dibudidayakan secara penuh termasuk pembenihan ikan terkontrol di hatchri.  Kerapu bebek dibudidayakan di KJAhampang,  dan tambak.

Buat pertanyaan

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani