Cara menyemai biji di wadah menggunakan teknik baru

Di PERTANIAN

Agrotani.comCara menyemai biji di wadah. Persemaian bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan menyemai biji di wadah. Persemaian ini sangat cocok dilakukan untuk berbagai jenis biji-bijian. Anda bisa melakukan dengan berbagai cara yang tentunya sama tujuannya, namun persemaian menggunakan wadah sengat mudah dan praktis.

Untuk cara dan perlakuakan yang harus anda lakukan adalah :

1. Siapkan wadah dan pupuk

Siapkan wadah, berupa kotak kayu, pot, besek, atau polybag. Kotak kayu biasanya digunakan untuk menyemai biji yang berukuran besar, sedangkan pot, besek, dan polybag digunakan untuk menyemai biji yang berukuran kecil.

Sekarang telah banyak tersedia potplant dengan berbagai ukuran. Wadah ini sangat praktis penggunaannya. Siapkan media, berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 3:2:1.

2. Siapkan aliran air dan jenis media

Apabila menggunakan kotak kayu atau pot, lubangi bagian bawahnya agar kelebihan air bisa dibuang. Sebelum media dimasukkan, tutup lubang tersebut dengan pecahan genting atau kerikil kecil.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

Apabila menggunakan besek, bagian bawahnya tidak perlu dilubangi karena aerasi dan drainase wadah cukup baik. Setelah itu, semprotkan air ke media sampai basah.

3. Buat lubang tanam

Buat lubang tanam dengan batang kayu. Atur jarak antar lubang agar tidak terjadi persaingan tanaman dalam memperoleh unsur hara.

4. lsi lubang tanam biji

lsi lubang tanam biji kemudian tutup dengan media secara merata dan tipis saja. Untuk menghindari serangan hama, simpan wadah persemaian ditempat aman. Penyiraman perlu dilakukan jangan sampai media kekeringan.

Dengan cara-cara diatas anda tinggal menunggu prosess pertumbuhannya, namun yang sering ditinggalkan atau bahkan lupa petani lupa untuk menyiramnya. Kelembaban tanah dan daya tumbuh tanaman jangan sampai terganggu, hal ini mengakibatkan tanaman rusak atau layu bahkan bisa mati.

Mereka sangat membutuhkan perlakuan yang sangat ekstra hati-hati dan membutuhkan perhatian dari anda. Sebenarnya untuk perawatannya sangat mudah sekali kita kerjakan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengurusnya.

Seperti biasa, jika ada yang butuh kami bantu anda bisa menanyakan kendala anda di Q&A Agrotani.

Buat pertanyaan

Tag : #Persemaian

Zenzen Zainudhin

Seni adalah bertani

Cara menyemai biji di bedengan dengan mudah
Cara menyemai biji di bedengan dengan mudah
Mengenal Masalah pada Biji Tanaman dan Cara Mengatasinya
Mengenal Masalah pada Biji Tanaman dan Cara Mengatasinya
Cara Memperbanyak Tanaman Hias dari Biji
Cara Memperbanyak Tanaman Hias dari Biji
Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih Tanaman
Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih Tanaman
Cara Menyemai Benih Jati agar Cepat Besar
Cara Menyemai Benih Jati agar Cepat Besar
Cara Menyemai Biji Pepaya agar Tumbuh Subur
Cara Menyemai Biji Pepaya agar Tumbuh Subur