Hampang untuk budidaya air

Di PERIKANAN

Agrotani.com – Hampang, pagar keliling, kurungan, atau pen (fence) adalah bagian badan air yang dikurung pagar dan digunakan untuk budidaya biota akuatik, termasuk ikan. Wadah ini dibangun di badan air dalam, seperti laut, danau, waduk, situ, dan rawa-rawa dalam selama ini hampang yang dibangun di laut digunakan untuk budidaya teripang (Holothuria sp). bulu babi (Dadema tripneustes) dan rajungan (Portunus sp).

Hampang untuk budidaya air

Hampang untuk budidaya air

Penggunaan hampang untuk budi daya ikan laut belum populer di Indonesia. Di Filipina, hampang digunakan untuk budi daya bandeng (chanos chanos) dari belanak (Mugil sp)

Lokasi untuk Hampang


Untuk membangun atau menempatkan hampang di laut, beberapa faktor perlu dipertimbangkan, baik teknis maupun soial ekonomi, sebagai berikut :

  1. Hampang dibangun pada daerah pasang surut, di daerah terumbu karang, padang lamun, atau teluk.
  2. Kedalaman air di lokasi budi daya ysng ideal berkisar antats os meter pada sunit terendah. sedangkan pada pasang tertinggi tidak lebih dari 2 meter. Air yang terlalu dangkal pada surut terendah menyebabkan ikan budidaya kekeringan dan terjadinya kenaikan suhu air yang dapat mengganggu ikan budidaya. Sedangkan air yang terlalu dalam membutuhkan hampang yang tinggi dan harus kokoh untuk menahan tekanan air yang besar.
  3. Kualitas air pada lokasi yang dipaih untuk penempatan hampang memenuhi syarat untuk pemeliharaan ikan.
  4. Lokasi mudah dijangkau untuk pengadaan bahan alat, benih, pakan, hasil panen, dan lain-lain.
  5. Lokasi terlindung dari gelombang, badai atau arus yang kuat sehingga merusak
    hampang
  6. Lokasi cukup aman dari gangguan, baik hama maupun gangguan lainnya, atau dapat ditanggulangi.

Spesifikasi Hampang


Hampang untuk budidaya ikan dan komoditas laut nonikan dapat berbentuk segi empat, empat persegi panjang, bulat, atau tidak beraturan sesuai dengan kondisi lokasi. Hampang yang dibangun harus memenuhi beberapa spesifikasi berikut:

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

  1. Hampang dapat dibangun dibuat berbatasan dengan pantal daratan atau agak jauh dari pantai. Hampang yang dibuat berbatasan dengan pantai akan menghemat bahan
  2. Ukuran hampang disesuaikan dengan ukuran lokasi yang ada. Ukuran hampang yang lebih kecil misalnya 10 x 5 m, 10 x 10 m, 15 x 10 m, akan memudahkan pengelolaan. Hampang yang ukuran terlalu luas menyulitkan pengelolaan, terutama pemberian pakan.
  3. Bahan untuk pembuatan hampang berupa bilah bambut, papan, jaring atau kawat anyam Bahan bilah bambu atau papan disusun seperti krei, Desar hampang dibenam di dalam dasar perairan 20-30 cm dan hampang bagian atas mencuat sekitar 50 cm di atas permukaan air.
  4. Untuk memudahkan pengoperasian, hampang dibangun pada badan air dengan kedalaman tidak lebih dari 2 m pada saat pasang tertinggi.
  5. Jika menggunakan jaring atau kawat anyam sebagai bahan hampang, mata jaring disesuaikan dengan ukuran ikan yang dibudidayakan Jaring dengan mata jaring (mesh size) 2-2,5 cm lebih umum digunakan.

Buat pertanyaan

Tag : #Hampang

Zenzen Zainudhin

Seni adalah bertani