Cara Menyemai Biji Kacang Kacangan Agar Cepat Tumbuh

322 views Di PERTANIAN

Agrotani.comCara Menyemai Biji Kacang Kacangan – Banyak sekali aneka ragam tanaman kacang-kcangan di Indonesia. Diantaranya adalah Tanaman Kedelai, kacang hijau, dan kacang tanah. Kedelai sangat dibutuhkan oleh masyarakat lndonesia. Tempe, tahu, dan susu kedelai merupakan makanan dan minuman yang berbahan baku dari kedelai.

Sayangnya hasil panen petani di lndonesia belum mencukupi. Negara kita masih banyak mengimpor kedelai dari Amerika untuk memenuhi kebutuhan. Kacang hijau dan kacang tanah juga masih kita impor.

Kurangnya pencukupan terhadap kebutuhan tersebut dikarenakan banyak faktor. Mulai dari sedikitnya petani yang menanam tanaman tersebut ditambah juga karena adanya gagal panen atau hasil panen yang kurang melimpah.

Cara Menyemai Biji Kacang Kacangan

Cara Menyemai Biji Kacang Kacangan

Hasil panen yang kurang maksimal bisa disebabkan karena berbagai faktor salahsatunya adalah salahnya proses penyemaian biji tanaman. Maka dari itu proses menyemai biji ini merupakan salah satu baigan terpenting dalam proses budidaya tanaman kacang-kacangan.

Untuk memperbanyak tanaman kacang-kacangan hanya bisa dengan menggunakan biji. Benih kacang-ka€ngan sebaiknya diberi inokulan rhizobium atau legin agar hasil panennya tinggi. Bakteri rhizobium ini nantinya akan hidup pada bintil akar. Peranannya sangat penting, yaitu mengikat unsur nitrogen dari udara. Dengan demikian tanaman akan menghasilkan buah yang banyak.


Cara Menyemai Biji Kacang Kacangan


  1. Siapkan lahan penanaman. Kacang-kacangan bisa ditanam ditegal atau di sawah setelah penanaman padi. Lahan dibuat bedengan, agar air tidak menggenang.
  2. Benih dibasahi lalu dicampur legin. Untuk 1 kg benih dicampur dengan 4 gr legin.
  3. Lahan dilubangi dengan tugal sedalam 4-6 cm. Masukkan 2-3 benih lalu tutup dengan tanah agar benih tidak dimakan burung.
  4. Sebelah tempat penanaman benih ditugal dan diberi pupuk.
  5. Lakukan penyiraman yang cukup agar benih bisa tumbuh.
  6. Bila dalam 5-7 hari benih tidak tumbuh atau pertumbuhan kecamb’hh tidak sehat, lakukan penyulaman. Yaitu menyemai lagi benih pada tempat yang tidak tumbuh.

Demikianlah langkah-langkah menyemai biji taaman kacang-kacangan. Semoga panduan singkat ini bisa bermanfaat untuk anda yang akan menanam tanaman kacang-kacangan. Kemudian semoga hasil panennya juga bisa melimpah. Jika ada bahasan yang tidak bisa dipahami, kamu bisa bertanya dengan menggunakan kolom Forum pada website Agrotani ini. Silahkan mendaftar menjadi member terlebih dahulu.

Buat pertanyaan

Tag : #Kacang Kacangan #Persemaian

author
Penulis: 

Cara menyemai biji di wadah menggunakan teknik baru
Cara menyemai biji di wadah menggunakan teknik baru
Mengenal Masalah pada Biji Tanaman dan Cara Mengatasinya
Mengenal Masalah pada Biji Tanaman dan Cara Mengatasinya
Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih Tanaman
Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih Tanaman