Cara menyemai biji di bedengan dengan mudah

248 views Di PERTANIAN

Agrotani.com – Jangan kira penyemaian hanya dilakukan di polybag atau pot kecil, saya rasa tidak semua orang yang melirik ini dilapangan. Cara ini tidak membutuhkan lahan yang sangat luas. Anda membutuhkan alat sarana untuk mengerjakannya.

Lakukan ini ketika anda hendak ingin menanam tanaman yang akan disemai di bedengan :

Gambar dari : pixabay.com

1. Cangkul dan gemburkan tanah

Cangkul dan gemburkan bedengan. Bersihkan gulma dan sampahnya. Bedengan dibuat arah utara – selatan supaya dapat memperoleh sinar matahari dengan baik.

Ukuran bedengan tergantung kebutuhan. Untuk mencegah tanah longsor, beri belahan bambu atau batu bata di sekeliling bedengan. Tanah bedengan harus subur dan remah. Berikan 5 kg pupuk kandang atau kompos per meter persegi.

2. Atur Jarak tanam persemaian

Setelah lahan siap, semai benih di bedengan. Sesuaikan jarak tanam persemaian dengan ukuran biji. Jarak tanam untuk jambu biji berkisar 5 x7 cm, jeruk ‘. 20 x 20 cm, dan mangga : 15 x 30 cm.

3. Tanam pada lubang tanam yang sudah siap

Perhatikan biji besar seperti durian, mangga, dan nangka disemaikan dalam lubang. Setelah ditanam, tutup semua lubang dengan tanah agar terhindar dari serangan hama. Sementara penyemaian biji kecil cukttp denganditebarkan dan ditutup dengan tanah.

4. Lindungi bibit yang tumbuh

Beberapa hari atau minggu, tunas dan akar akan terbentuk, tetapi kondisinya masih sangat lemah. Oleh karenanya, lindungi calon tanaman dengan jerami, daun kelapa, atau plastik. Dengan demikian, tanaman akan terhindar dari sengatan sinar matahari atau terpaan air hujan.

5. Siram persemaian biji

Jaga kelembapan tempat penyemaian dengan cara penyiraman. Saat benih belum berkecambah, penyiraman bisa dilakukan 2 kali sehari, tetapi bila sudah berkecambah cukup sekali dalam sehari.

Pilih alat penyiram yang bisa mengeluarkan air dalam ukuran kecil (lembut), seperti gembor. Apabila biji telah berkecambah, buka penutupnya (Jerami, daun kelapa, atau plastik) agar pertumbuhannya tidak terganggu dan cukup mendapat sinar matahari.

6. Pindahkan kelahan

Tanaman muda bisa langsung dipindah ke lahan atau polybag. Namun demikian, bibit tersebut juga tetap bisa berada di daram penyemaian, tetapi jarak tanamnya harus diperjarang. Untuk keperluan okulasi atau penyusuan, tanaman harus berumur kurang lebih 1 tahun. Untuk keperluan sambung pucuk bisa menggunakan tanaman yang berumur 2-3 bulan.

Buat pertanyaan

Tag : #Persemaian

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani

Cara menyemai biji di wadah menggunakan teknik baru
Cara menyemai biji di wadah menggunakan teknik baru
Cara Memperbanyak Tanaman Hias dari Biji
Cara Memperbanyak Tanaman Hias dari Biji
Cara Menyemai Benih Jati agar Cepat Besar
Cara Menyemai Benih Jati agar Cepat Besar