Cara Cepat Mengatasi Gulma Pada Tanaman Padi

Di PERTANIAN

Agrotani.com – Secara mudah Cara cepat mengatasi gulma pada tanaman Padi bisa kita atasi dengan beberapa cara yang nanti saya akan bahas disini. Penurunan produksi oleh adanya gulma sangat merugikan petani hampir dari 63%. Secara kasat mata peningkatan penyusutan produksi ini semakin lama akan semakin naik apabila anda tidak memberantas gulmanya.

Mudahnya jika pada tanaman sayuran mungkin bisa menggunakan mulsa plastik hitam perak, namun berbeda disawah mulsa tidak bisa digunakan. Seperti yang dilakukan oleh petani dahulu, mereka memberantas dengan cara manual dan itu terbukti manjur bisa mengurangi gulma hingga 78% dari lahan garapan.

Saya tidak akan membahas gulma atau apa itu gulma. Saya rasa anak sekolah SD pun tahu gulma itu apa. Namun jika anda masih baru belajar silahkan ke bagian panduan petani di situs kami.

Apapun tanaman yang anda tanam jika ada tanaman lain tumbuh maka jangan segan-segan untuk diberantas atau dijauhkan dari tanaman utaman.

Jadi jika anda menanam padi dan tumbuh ditengah sawah pohon anggur misalkan maka itu adalah gulma dan anda harus menjauhkan dari tanaman utama anda. Anda wajib lihat dibawah ini :

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

Setategi dan langkah-langkah :

=> Kami tidak memaksa anda untuk memberantas gulma pada lahan padi anda, namun pertimbangkan bahwa pertumbuhan gulma itu bukan hanya 1 atau 2 jenis tanaman saja. Tanaman padi akan bersaing berlomba berebut makanan dengan rumput liar, secara fisik dan Organ tubuh tanaman padi anda akan kalah dengan rumput, jadi jangan berharap anda akan panen besar jika anda sudah malas untuk memberantas gulma.

=> Yang sering saya temukan dilapangan, mereka para petani sangat malas dan enggan untuk memberantas gulma. Akhirnya mereka menemukan cara yang sangat mudah yaitu menggunakan bahan kimia. Bahan kimia yang dapat membunuh musuh alami, bahan kimia yang dapat meracuni konsumen anda. Jadi pertimbangkan lagi jika anda ingin menggunakan cara kimia ini.

=> Kiyambang, genjer, enceng padi dan masih banyak lagi jenis gulma yang tumbuh disekitar sawah. Asal anda ketahui bahwa jenis gulma bisanya rumput yang kuat dan subur. Jenis tumbuhan rumput liar sangat kuat dan cepat dalam pertumbuhannya, mereka mampu bertahan disegala cuaca, suhu dan bahkan keadaan yang kurang cahaya matahari. Berbeda dengan padi yang kita tanam, mereka bisa mati jika dibiarkan hidup dengan rumput liar, mungkin kita tidak bisa melihat secara langsung ada beberapa jenis rumput yang tumbuh dan bisa meracuni tanaman lainnya.

=> Secara singkat jika kita tidak memberantas gulma maka yang terjadi pada lahan sekitar akan banyak sekali hama dan penyakit. Sangat jelas sekali karena suatu keadaan yang lembab dan tidak adanya cahaya matahari yang masuk menjadi penyebab utama hama dan penyakit timbul. Gulma disawah ada 2 bagian yaitu gulma berdaun lebar Contoh : misalnya enceng padi, genjer, wewehan/enceng padi, kiambang/kayambang dan gulma berdaun sempit Contoh teki, rumput banto, JAWAN atau rumput padi-padian (rumput yang mirip dengan tanaman padi).

Kendala yang dihadapi petani saat ini


Entah teknologi baru apa yang akan dibuat oleh kami menghadapi masalah gulma, jika dijabarkan masalah dilapangan adalah :

Ada beberapa cara untuk mengndalikan gulma yaitu dengan manual menggunakan garok atau menggunakan kimiawai (herbisida). Semua cara ini memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Jika anda memiliki lahan seluas 1 hektar dengan jumlah tenaga pembantu pekerjaan sangat minim maka sangat merepotkan karena harus digaruk seluas itu. Perhitungannya jika anda memperkerjakan tenaga pembantu maka upah yang dikeluarkan sangat mahal, belum lagi garok bisa mengganggu perakaran padi yang sedang prosess pertumbuhan.

Namun jika anda menggunakan kimia herbisida pekerjaan mudah dan tidak merusak perakaran serta biaya upah kerja relatif lebih murah. Namun dampak dari lingkungan dan pada kualitas padi terancam berbahaya bagi konsumen karena ada beberapa sisa bahan kimia yang menempel pada tanaman padi. Menggunakan bahan kimia bukan saja membunuh gulma namun membunuh musuh alami yang berperan sebagai pemangsa hama dan biang penyakit. Menurut saya bahan kima ini lebih mengerikan untuk masadepan.

Namun semua keputusan ada ditangan anda dan lebih senang menggunakan herbisida atau cara manual dengan menggunakan garok. Ada beberapa tips yang mungkin bisa meringankan masalah anda.

Contoh lahan padi yang tidak dirawat :

Cara Mengendalikan Gulma Padi Sawah Secara Tradisional


  1. Gunakan varietas padi yang tahan bersaing dengan gulma.
  2. Pemanfaatan azolla pinnata sebagai mulsa hidup.
  3. Gunakan garuk atau merabut padi secara langsung (Secara Manual)
  4. Biasakan ketika anda pembajakan atau pengolahan sawah, buang gulma yang tumbuh disekitaran sawah.
  5. Manfaatkan anak itik dengan cara diangon sampai beberapa hari disawah kemudian anak itik akan memakan gulma sawah.
  6. Menghambat pertumbuhan rumput dan teki dengan cara menggenangi lahan dengan ketinggian tertentu,
  7. Gunakan METROK, sebagai alternatif pengendalian.
  8. Penggunaan pupuk briket yang dibenamkan kedalam tanah dapat mengurangi kemungkinan dimanfaatkan oleh gulma.

Catatan :

Jika luas lahan anda kurang dari 1 hektar sebaiknya anda menggunakan cara manual saja, namun jika anda tidak ingin repot silahkan gunakan herbisida namun gunakan dengan bijak baca aturan pakai dan gunakan dosis yang dianjurkan.

Buat pertanyaan

Tag : #Gulma #Tanaman Padi

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani
Cara meningkatkan hasil panen padi 99% berhasil
Cara meningkatkan hasil panen padi 99% berhasil
Daur Hidup Penggerek Batang Padi
Daur Hidup Penggerek Batang Padi
Cara Menyemai Biji Padi Gogo dan Padi Sawah
Cara Menyemai Biji Padi Gogo dan Padi Sawah
Varietas padi unggul
Manfaat ampuh beras hitam untuk kesehatan
Manfaat ampuh beras hitam untuk kesehatan
Cara mengendalikan hama wereng coklat pada tanaman padi
Cara mengendalikan hama wereng coklat pada tanaman padi