Cara burung mencari makanan di alam

6837 views Di PETERNAKAN

burung-makan-cacing

Agrotani.com – Alam telah menyediakan berbagai makanan bagi makhluk hidup yang ada di dalamnya, termasuk burung. Burung-burung di alam bebas mampu terbang dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari dan mengumpulan seranga, biji-bijan, atau apa saja yang biasa di makan. Beberapa jenis burung memakan tumbuh-tumbuhan dan hewan, sedangkan beberapa jenis lainnya secara khusus mengkonsumsi makanan tertentu dan telah beradaptasi dengan tipe makanannya.

Pengelompokan Burung Berdasarkan Makanannya


Berdasarkan kelompok makanannya, burung dikelompokan  ke dalam tiga kelompok : pemakan biji-bijian, buah, serangga. Di alam pembagian tersebut sebenarnya lebih luas lagi dengan adanya burung pemakan ikan, pemakan mamalia kecil, penghisap nektar bunga, dan lain- lain. Kekhususan burung terhadap makunannya tidak berlaku mutlak karena hanya berdasarkan pada jenis makanan utamanya.

Burung pemakan Biji


Hampir seluruh burung pemakan biji tersebar di wilayah Indonesia. Burung seperti ini biasanya bertubuh kecil dan bergerak cukup gesit serta lincah sehingga dalam keadaan liar sukar ditangkap. Burung tersebut antara lain parkit, gelatik, dan pipit. Burung pemakan biji ini mengonsumsi biji sebanyak 10% dari berat tubuhnya.

Biasanya sebelum makan, burung megusap kulit biji dengan cara meremuk memotong, atau menggrigisnya dengan bantuan sisi paruh yang tajam. Ada pula burung yang langsung menelan biji tanpa perlu bersusah-peyah mengupasnya.

Ada beberapa burung yang karena kesukaannya pada biji bilian menjadi hama tanaman pertanian. Burung-burung itu menyukai biji – bijian dan kecambah yang muncul di atas permukaan tanah. Di negara lain dilaporkan bahwa gagak telah menjadi hama karena memakan biji jagung yang baru ditanam oleh petani. Kejadian seperti ini tentu sangat merepotkan dan merugikan para petani.

Burung Pemakan Buah – buahan


Buah masak yang berwarna mencolok dan bergantungan di pohon atau di semak-semak sering dikenali burung pemakan buah walaupun dari tempat yang jauh. Buah dari marga Solanum yang tumbuh di semak semak sangat disukai oleh kutilang. Buah anggur sering dimakan oleh burung jalak kutilang, dan murai. Buah beringin, palem, pepaya, pisang. durian, manggis, rambutan, pala lari, kemiri, dan mangan hutan merupakan makanan utama sebagian bangsa rangkong.

Burung pemakan buah perlu mendapat perhatian karena mempunyai peraran yang sangat besar terhadap kelangsungan hidup tumbuh-tumbuhan, sehingga dapat tersebar di tempat-tempat lain, mereka membantu menyebarkan biji buah yang dimakannya. Setelah buah dimakan, sebagian besar bijinya tidak hancur walaupuan melalui proses pencernaan.

Bili yang masih utuh tersebut keluar bersama kotoran burung dan dapat tumbuh jika jatuh pada tempat yang sesuai. Pada burung cabai benalu, biji buah yang telah dimakan akan keluar kembali bersama kotorannya setelah 25 menit dari saat makan.

Burung Pemakan Serangga Dan Hewan Kecil


Burung pemakan serangga paling sering kita lihat di daerah dataran rendah dan berjumlah paling banyak diantara burung jenis lain. Mereka hampir banyak terdapet di semua tempet, mulai dari atas permukaan tanah sampai tajuk utama pohon.

Habitat burung pemakan serangga sesuai dengan tempat hidup seranga. Tanah, daun, dan batang pohon sering di huni oleh kumbang, belalang, jangkrik, laba laba, semut, dan ulat. Tempat seperti itulah yang menjadi habitatnya. Berdasarkan tempatnya mencari makan, burung pemakan serangga dikelompokan menjadi lima kelompok.

  • Janis burung berukuran sedang sampai besar dan mengkonsumsi serangga pada tajuk pohon dengan cara mengebor batang pohon yang berisi serangga (burung pelatuk ulam), berburu (burung madi), maupun meryambar serangga (srigunting).
  • Jenis burung berukuran sedang sampei kecil dan mengkonsumsi serangga pada tajuk pohon, misalnya gelatik batu, sikatan, prenjak dan sikinangka.
  • Jenis burung pemangsa serangga sambil terbang di udara, misalnya kepinis dan walet.
  • Jenis burung yang sebagian besar hidup di atas permukaan tanah. Serangga di atas tanah dimakannya dengan cara dipetuk. misalnya murai batu.
  • Jenis burung yang memangsa serangga pada malam hari. Misalnya cabak.

Secara umum burung pemakan serangga lebih banyak memangsa serangga dari bangsa Coleoptera (bangsa kumbang), Orthoptera (bangsa belalang dan jangkrik), serta Lepidoptera (bangsa kupu-kupu dan ngengat). Bila berkeliaran di udara. serangga tersebut menjadi makanan empuk bagi burung.

Ada beberape burung yang selama hidupnya hanya makan serangga. Burung seperti ini kita sebut sebagai pemakan serangga. Contohnya srigunting kelabu, srigunting hitam. prenjak sayap garis, kucica, gelatik batu, dan cicipadi. Burung-burung ini biasa mengkonsumsi serangga sebanyak 40% dari berat tubuhnya. Burung lainnya seperti cabai, cipo, kepodang, dan kutilang walaupun termasuk kelompok pemakan serangga, tetapi masih memakan jenis makanan lain.

Burung pernakan berbagai makanan


Ada jenis burung yang dikenal sebagai pemakan serangga, tetapi ternyata masih mengkonsumsi biji dan buah-buahan, misalnya burung jalak. Burung ini selain memakan kutu, caplak, nyamuk, ulat, cacing, belalang, dan serangga lain, jugn makan buah dan biji-bijian.

Sebaliknya, begitujuga dengan burung pemakan buah, mereka tidak selalu memakan buah. Burung kutilang yang dikenal sebagai pemakan buah juga memakan serangga. Bangsa rangkong yang makanan utamanya buah-buahan juga memakan laba-laba, jangkrik, luwing, belalang, ecoa, kumbang, lipan, kelelawar, ular, cicak, katak, tikus, siput, kadal, dan anak burung yang masih kecil sebagai makanan tambahan.

Kadang-kadang burung juga memakan batu-batuan kecil. Batu batuan berguna untuk membantu menghancurkan biji atau zat kitin yang ada pada tubuh serangga dan ulat. Penghancuran biji-bijian dan zat kitin terjadi di dalam tembolok sejati. Tanpa bantuan batu-batuan, tembolok sejati akan dipaksa bekerja keras melebihi kemampuannya sehingga lama kelamaan kondisi burung akan terganggu.

Buat pertanyaan

Tag : #Burung

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani

Mengenal jenis-jenis Burung Berbulu Indah beserta gambarnya
Mengenal jenis-jenis Burung Berbulu Indah beserta gambarnya