Panduan Lengkap Cara Budidaya Kubis

Di PERTANIAN

Agrotani.com Panduan Lengkap Cara Budidaya Kubis – Kubis merupakan jenis tanaman sayuran yang sudah banyak diusahakan para petani didaerah pedesaan khususnya. kubis telur sangat penting sekali bagi manusia karena setiap bahan mentah kubis telur mengandung banyak vitamin A, B dan C. vitamin-vitamin ini sangat berperan sekali dalam memenuhi kebutuhan gizi manusia. selain itu kubis telur dapat mendapatkan keuntungan (pendapatan) yang besar apabila diusahakan dengan baik.

Mengingat pentingnya jenis komoditi tersebut bagi konsumsi masyarakat, maka dari itu kami akan membahas mengenai panduan budidaya sayuran kubis telur, dalam budidaya nya terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan diantaranya sebagai berikut :

Panduan Cara budidaya Kubis Lengkap

Syarat tumbuh

Cara budidaya kubis yang pertama yaitu Syarat tumbuh. Tidak semua tempat atau tanah cocok untuk ditanami kubis telur. oleh karena itu agar tanmaan kubis berhasil dengan baik maka kita harus memilih dan memperhatikan tanah yanng akan kita tanami. tanah yang cocok untuk ditanami kubis telur adalah tanah yang berstruktur lempung berpasir/gembur, subur, mengandung banyak humus dengan drainase dan aerasi serta kelembaban yang baik.

Tanaman kubis telur akan menghasilkan telur yang baik apabila dirtanami didataran tinggi (800 – 1.000 mdpl) akan tetapi kubis telur jenis RVE dapat menghasilkan telur dengan baik walaupun ditanam didaerah dataran rendah (100 – 200 mdpl).
umumnya kubis telur menghendaki ikllim yang lembab dan dingin. waktu penanaman yang baik adalah pada permulaan musim hujan atau pada akhir musim hujan ( sekitar april – juni).

Pengolahan tanah

Pada panduan cara budidaya kubis Tanah untuk tanaman kubis harus yang subur dan gembur. tanah dicangkul sebaik-baiknya sedalam kurang lebih 25 – 30 cm.
untuk tanah-anah yang kurang subur, pencangkulan dilakukan sebanyak dua kali. setelah tanah dicangkul untuk kedua kalianya sekaligus dibuat bedengan-bedengan. ukuran bedengan, panjang 3 – 5 meter, lebar 0,8 – 1,2 meter, tinggi 25 cm pada waktu musim hujan dan pada musim kemarau 15 cm.
untuk mendapatkan hasil yang baik, tanah bedengan perlu diberi pupuk organi/kotoran ayam sebanyak 5 kg. per meterpersegi atau 50 ton per hektar, sebagi pupuk dasar.

Persemaian dan Pembibitan tanaman

Untuk cara budidaya kubis. Dalam mendapatkan bibit tanaman yang baik, maka biji-biji kubis perlu disemaikan terlebih dahulu dibedengan persemaian. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Biji kubis ditebarkan merata atau diatur dalam barisan. jarak antara barisan 10 cm. setelah biji tersebut ditutupi dengan selapis tanah tipis.
  • Setelah bibit yang ada di persemaian berumur 12 hari, maka perlu dipisah (disapih). bibit ynag kecil itu setelah dipisah. lalu ditanam sementara dibedengan tersendiri dengan jarak tanam 10 x 10 cm.

Penanaman

Cara budidaya kubis dalam penanaman yaitu Pilihlah bibit tanaman yang tumbuh sehat dan kuat. kemudian bibit dimasukan kedalam tanah bedegan leher akar ikut sedikit tertanam.
maksudnya agar tanaman dapat tumbuh agak tinggi sebelum membentuk telur dan juga tanaman tidak mudah robo. jarak tanam adlah 50 x 50 cm. atau 60 x 60 cm.

Pemupukan

Cara budidaya kubis yang berikutnya yaitu pemupukan. Pada tanah yang ringan, cukup diberi pemupukan NPK 100 – 125 kg, DS 500 kg. dan ZK 170 kg. pada tanah yang berat, pemberian P harus banyak, dengan perbandingan : N;P;K=1:2:1.
pemberian pupuk dilakukan 3 kali, yaitu :

  • Sebagai pupuk adsar, diberikan sebelum tanaman ditanam, yaitu pupuk yang mengandung P dan K, misalnya kotoran ayam.
  • Pada tanaman berumur 2 – 3 minggu
  • Pada tanaman berumur 2 bulan, saat tanaman membentuk telur (krop). pemberian pupuk tersebut dilakukan setelah penyian gan dan pendangiran

Pemeliharaan

Sehabis penanaman, dalam cara budidaya kubis tanaman kubis harus disiram. penyiraman dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari terutama pada musim kemarau. Setelah tanaman kubis tumbuh, biasanya ikut tumbuh pula rumput-rumputan. untuk itu perlu penyiangan. Penyiangan rumput bisa dilakukan seminggu sekali setelah tanaman berumur 15 hari.

Pendangiran dilakukan jangan terlalu dalam karena mungkin sekali justru akan merusak akar tanaman. waktu pendangiran boleh dilakukan 3 minggu sekali. Membumbun tanaman kubis biasanya dilakukan 3 kali, pertama setelah tanaman berumur 3 minggu, kedua setelah tanaman berumur 5 – 6 minggu dan ketiga setelah tanaman kubis berumur 9 minggu. membumbun tanaman harus sambil menggemburkan tanah.

Demikian itulah Panduan Cara Budidaya Kubis Lengkap, memang untuk mendaptkan hasil yang optimal dan tanman tumbuh dengan produktivitas yang baik perlu diperhatikan dalam melakukan usaha tani kubis.  Pembahasan cara budidaya kubis ini semoga mendapat pencerhaan bagi anda yang akan melakukan usahatani budidaya kubis.

Komentar

Info Penting...!!!

Jika artikel diatas kurang mengerti anda bisa menanyakan ke komunitas kami secara gratis, ada ribuan yang sudah bergabung.

Kenapa harus Agrotani ?

Anda akan mendapat informasi dan memberikan dukungan penuh untuk menciptakan ekonomi petani, nelayan, peternak yang lebih baik dari sebelumnya, bergabunglah bersama kami untuk menciptakan pertanian yang lebih baik. Anda bisa menanyakan kendala anda atau memberikan informasi

Daftar dan Konsultasi

Tag : #Agribisnis #Budidaya #cara budidaya kubis #kubis #Pertanian #usaha tani

author
Penulis: 

    Keep interesting, Creat good study habit

    Artikel Terkait Panduan Lengkap Cara Budidaya Kubis