Budidaya Tomat Cerry Secara Hidroponik

692 views Di PERTANIAN

Agrotani.com Budidaya Tomat Cerry Secara Hidroponik memang sangat menarik sekali, ini kan menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan jika dikelola dengan baik, selain dari perawatan yang dilakkan ddengan sistem hidroponik lebih praktis dan tidak memerlukan peraltan serta pengolahan tanah sebelumnya. dalam lingkungan rumahpun bisa dilakukan oleh masyarakta yang sekedar hobi atau konsisten menggelutinya sebagi bisnis. namun terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam melakukan budidaya tomat cherry secara hodroponik

Dengan mengetahui bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam melakukan budidaya tomat cerry secara hidroponik dalam pelaksanaannya kita terhidar dari masalah-masalah teknis untuk pemeliharaannya. dari itu kami akan membahas mengenai budidaya tomat cerry secara hidroponik.

 

 

Langkah-Langkah Budidaya Tomat Cerry Secara Hidroponik

 

Persiapan

langkah pertama yang akan dilakkan dalam melakukan budidaya tomat cerry secara hidroponik adalah peralatannya sarana dan prasarananya terlebih dahulu seperti pengadaan tempat (green house, tray semai/wadah, media semai ( arang sekam, pasir, dll), benih (tomat cerry), hygrometer, thermometer, ruang semai, pinset dan hand sprayer.

Lokasi

Lokasi, dalam melakukan budidaya tomat cerry secara hidroponik hal yang harus diperhatikan adalah tempat/lokasi dimana budidaya itu dilakukan ini akan berpengaruh terhadap psycologi tanman terhadap lingkungannya yang akan berpangaruh pda pertumuhan dan kkualitas produksinya.

Budidaya tomat cheery harus dilakukan pada ketinggian 600-1500 mdpl. dan suhu yang cocok yaitu 17-268 derajat celcius.

“faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya tomat cerry secara hidroponik yaitu : kualitas benih yang bagus, teknis pembibitan, kelembaban dan suhu serta internsitas cahaya, lingkungan/tempat disesuaikan dengan ketinggian tempat”

Teknis pembibitan dan persemaian

Benih yang akan digunakan direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama 30 menit, sembar menunggu benih di rendam, siapakan media semai yang akan digunakan nanti. Sebelum benih di taruh, pastikan media tanam dibasahi terlebih dahulu sampai merata.

Jika menggunakan rock wool lubangi terlebih dahulu, jika menggunakan sekam bakar buat garisan yang saling berpotongan membentuk bujur sangkar dengan ukuran 2 cm. kemudian letakan benih satu persatu menggunakan pinset dengan benih titik tumbuhnya menghadap kebawah ke dalam lubang persemaian. lalu jika benih sudah di semai ditutupi dengan plastik mulsa.

Pada hari ke 4 – 7 hari benih akan mulai berkecambah, lalu lepaslah plastik mulsa dan pindahkan persemaian ke lingkungan yang terkena cahaya matahari namuan tetap menjaga akan kelembaban dan suhunya. bibit yang tumbuh sempurna/ sehat dipindahkan kedalam polybag 15×15 cm yang sudah dibasahi larutan nutrisi EC 1,5 mS/Cm dan pH. 5.5.

 

Dalam pemeliharaan penyemaian lakukan penyiraman 1-2 kali sehari disesuaiakan dengan cuaca, media yg digunakan dan fase pertmbuhan bibit. pengendalian hama dan penyakit harus selalu diperhatikan serta jarak antar tanaman sehingga daun tidak saling merapat/menutupi. ketika umur tanaman sudah mencapai 21 hari dan kira-kira terdapat kurang lebih 5 helai daun. setelah itu pindahkan tanaman pada tempat yang akan ditanami tomat cheery.

“Dalam budidaya tomat cerry secara hidroponik akan lebih baik pertumbuhannya optimal bila dilakukan pada green house”

Pindahkan bibit tomat cheery pada polybag yang telah diisi dengan arang sekam. dan tata antar polybag dengan jarak tanam 30-35 cm. setelah tanaman di tanam hal selanjtunya yang harus diperjhatikan adalah dalam hal pemeliharaannya.

Pemeliharaan

Dalam melakukan budidaya tomat cerry secara hidroponik pada umumny dalam penyiraman dan pemupukan dilakukan bersamaan. penyiraman dan pemupukan akan berpengaruh sekali terhadap tumbuh optimalnya tanaman. terdapat teknis dalam penyiraman dan pemupukan yang berbarengan yaitu (fertigasi) teknis ini bisa dilakuakn secara manual atau sistem irigasi tetes. tetapi teknis yang baik digunakan adlah sistem irigasi tetas dimana kita bisa menghebat tenaga kerja, serta menghemat waktu. dalam sistem ini pemupukan dan penyiraman akan bisa merata.

Hal yang perlu diperhatikan :

  • kualitas air/ sumber air yang digunakan seperti mata air, sumur. mesti bersih dan terhindar dari berbagai penyakit dan kimia.
  • kualitas pupuk. komposisi pupuk/nutrisi/hara mesti disesuaikan dengan yang dibutuhkan tanaman
  • volume, frekuensi dan waktu fertigasi.
  • media tanam yang digunakan

Beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman tomat cherry yaitu : ulat buah, kutu kebul, layu bakteri, layu fusarium, busuk buah, powder meldew, penyakit fisiologi (tanaman kukurangan undur hara) dan lainnya.

Pencegahan serta pengendalian yang bisa dilakukan :

Tetap menjaga kebersihannya, bersihkan dari sisa tanaman/gulma dari tempat budidaya, masukan pada bak sampah atau dibakar.

Panen

Tanaman tomat cherry yang telah berumur 2-3 bulan sudah menghaasilkan buah, pemanenan tomat cerry selama 5- 6 bulan sampai tanaman tidak menghasilkan buah lagi bisa dilakukan pemanenan 2 kali sehari.

Silahkan bisa baca juga :

Cara Budidaya Tanaman Hias Hidroponik
Cara Budidaya Cabai Hidroponik
Menanam Hidroponik

Demikian itulah beberapa hal dalam melakukan budidaya tomat cerry secara hidroponik, yang mana dalam melakukannnya akan lebih intensif. jika ingin mendapatan hasil yang lebih optimal ada baiknya budidaya tanman cherry secara hidroponik dilakukan didalam green house, sehinggga pengedalian dan pemeliharaan tanaman akan lebih terjaga dari serangan hama dan penyakit serta gangguan-gangguan lainnya.

Buat pertanyaan

Tag : #Budidaya #Hidroponik #Pertanian

author
Penulis: 
    Keep interesting, Creat good study habit

    3 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Menjadi Hidroponik
    3 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Menjadi Hidroponik
    Jenis-Jenis Metode Hidroponik
    Jenis-Jenis Metode Hidroponik
    Cara Budidaya Cabai Hidroponik
    Cara Budidaya Cabai Hidroponik