Cara budidaya mawar merah di pot untuk pemula

216 views Di PERTANIAN

Agrotani.com Cara budidaya mawar merah di pot untuk pemula – Tanaman mawar merupakan tanaman yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini sangat cocok sekali untuk di budidaya atau sekedar untuk dijadikan sebagai hiasan pekarangan rumah. Untuk budidayanya pun sangat mudah sekali, dan pendapatan untuk sekala bisnis bisa anda kembangkan hingga menaikan pendapatan anda sebagai petani tanaman hias.

budidaya mawar

Cara budidaya mawar merah di pot untuk pemula

Yang pertama anda harus menyiapkan bibit mawar yang tentunya harus bibit atau benih yang unggul. Bibit sangat mempengaruhi kualitas bunga jika sudah berhasil kita kembangkan. Sebenarnya ada 2 cara untuk pembibitan, dengan cara setek dan melalui indukan, kedua cara ini sama-sama memperbanyak tanaman namun ada beberapa kelemahan dan kekurangan masing-masing.

Sistem Rumahan dan Budidaya

Jika anda ingin memperbanyak atau membudidayakan tanaman mawar hanya menghias taman atau pekarangan rumah sebaiknya anda menanam dipot saja. Namun untuk sekelas produksi atau budidaya yang banyak mungkin harus lebih dalam lagi saya menjelaskanya. Pemaksaan jika untuk budidaya dan dijual kembali jika menggunakan pot anda akan keteteran dan penghasilan pasti susah sekali untuk ditingkatkan.

Tanaman mawar membutuhkan sinar matahari terutama pada pagi hari, anda harus memilih lokasi yang cocok untuk penempatan bibit tanaman dan usahakan bibit tidak kekeringan. Peranan sinar matahari dan nutrisi serta kelembaban tanaman harus anda jaga karena ini sangat mempengaruhi keberlangsungan tanaman itu sendiri.

Jika anda membudidayakan di pot atau polybag ada beberapa keuntungan dari sistem budidaya ini. Keuntungan budidaya mawar di pot atau polybag bisa dipindah-pindahkan, jadi saat pagi hari anda bisa pindahkan ketempat yang terkena matahari pagi langsung dan ketika sinar matahari terik anda bisa pindahkan ke tempat yang lebih teduh.

Sebaiknya saya harus membahas ini terlebih dahulu kepada anda, perhatikan kelembaban tanah dan siram setiap hari satu kali pokoknya jangan kekeringan mawar yang anda tanam. Jika sirasa anda menyiram sudah pada aturan jangan melebihkan atau menyiram secara terus menerus karena mawar bukanya sehat malah mati karena busuk pada bagian akar dan batangnya karena terlalu banyak air.

Cara penanaman :

Media pot

Untuk media pot sebaiknya anda gunakan pot yang pas untuk ruangan anda, biasanya di toko pertanian sudah ada beberapa model pot yang bisa anda beli untuk memperhias ruangan atau pekarangan anda.

Media tanah

Siapkan beberapa campuran tanah, sekam padi dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Campurkan ketida bahan tersebut hingga tercampur sempurna.

Merakit pot

Sebelum anda memasukan campuran tanah, sekam dan pupuk kandang yang sudah siap digunakan sebaiknya anda menambahkan pecahan bata atau pecahan – pecahan kenteng bekas ke dasar pot. Tujuannya agar air yang kita siram bisa lancar mengalir ketika dibagian bawah, air tidak mengendap di dalam pot dan secara langsung air terbuang keluar.

Siapkan bibit

Jika anda masih baru dan masih belajar menanam mawar sebaiknya anda anda membeli bibit yang sudah jadi karena resiko kegagalan berbunga akan kecil, namun jika anda memilih dari stek juga bisa namun memliki kekurangan jika anda menanam dari stek yaitu tanaman sedikit lama agak tumbuh namun hasilnya akan sama jika anda berhasil menanamnya dan memeliharanya.

Perawatan

Posisi tanaman yang cocok itu tergantung pada anda, namun ketika anda menaroh mawar di tempat anda harus memperhatikan sinar mataharinya, tidak masalah jika siang sedang terik panas matahari di dalam ruangan namun pada pagi hari anda harus memastikan mawar anda sinar matahari pagi.

Potong akar setiap 1 atau 2 tahun sekali agar mawar anda tetap berproduksi bunga dengan baik, dan jangan lupa pangkas daun-daun juga. Penyiraman jangan sampai berlebihan, karena akan mengakibatkan kebusukan untuk mencegah hal itu terjadi anda bisa menambahkan asam bensoat pada air siraman.

Pemupukan

Berikan asupan nutrisi unsur hara NPK pada tanaman mawar anda setiap 3 minggu sekali agar mawar tetap sehat, saya rasa cara pemberian pupuk sendiri anda juga sudah paham.

Jika ada hal yang kurang paham bisa anda tanyakan di forum kami.

Bunga Mawar

Cara budidaya mawar merah di pot untuk pemula

Buat pertanyaan

Tag : #Tanaman Mawar

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani