Cara Budidaya Cabai Hidroponik

1689 views Di PERTANIAN

Agrotani.comCara Budidaya Cabai Hidroponik – Cabe merupakan salah satu sayuran yang banyak sekali dalam penggunaaanya, terlebih karekteristik orang indonesia yang sangat menggemari makanan yang pedas, dalam penanamannya pun cabe tidak melulu harus di lahan yang luas namun bisa juga dilakkukan dilingkungan rumah. membudidayakan cabe dengan di polybag misalnya, namun terdapat juga teknik budidaya yang hits dan banyak digemari kebanyakan orang jaman sekarang karena dalam membudidayakannya tidak menggunakan media tanah, namun dalam teknik penanamannya menggunakan cara hidroponik.

Cabai merupakan salah satu sayuran yang banyak sekali dalam penggunaaanya, terlebih karekteristik orang indonesia yang sangat menggemari makanan yang pedas, dalam penanamannya pun cabe tidak melulu harus di lahan yang luas namun bisa juga dilakkukan dilingkungan rumah. membudidayakan cabe dengan di polybag misalnya, namun terdapat juga teknik budidaya yang hits dan banyak digemari kebanyakan orang jaman sekarang karena dalam membudidayakannya tidak menggunakan media tanah, namun dalam teknik penanamannya menggunakan cara hidroponik.

Sistem Budidaya Cabai Hidroponik

Dalam budidaya cabai hidroponik perawatannya anda akan lebih intensif dan praktis dalam pemanenannya serta hasil yang di dapat akan lebih optimal. dengan itu kami akan kumpas mengenai cara mudah menanam cabe hidroponik.

Pemilihan benih

Langkah pertama dalam memulai budidaya cabai hidroponik adalah menngetahu dan mempelajari jenis cabe yang nanti akan kita tanam. dari jenis cabe lokal hingga jenis cabe hibrida, untuk cabe hybrida biasanya benih impor dari negara tetangga seperti taiwan da thailand. sedagkan untuk cabai lokal biasanya berasal dari kudus, rembang dan sumatra utara.

Jika melihat cara pembenihannya, penanaman cabe hybrida lebih sulit dari jenis cabe lokal. karena benih cabe impor perlu beradaptasi dalam kondisi lingkungan indonesia. namun jika dilihat produktivitasnya cabe hybrida sangat unggul dibanding dengan cabe lokal.

Penyemaian benih cabe

Jika anda dalam budidaya cabai hidroponik ini sebagi hobi atau hanya mulai coba-coba kalian bisa coba menggunakan benih cabe dari cabe didapur kalian. kalian hanya perlu membelah cabe dapur yang kemudian tinggal diambil bijinya dan disemai.

Namun jika kalian ingin benar-benar menekuni budidaya cabai hidroponik secara konsisten terus menerus sebaiknya anda memilih benih cabai dari petani lain, diutaman benih yang sudah melewati proses seleksi sebagai benih unggul.
dalam penanaman cabe hidroponik kalian tidak bisa langsung menanam langsung benih dengan cara hidropinik. lebih baiknya dilakukan penyemaian terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk penyeleksian antara benih yang tumbuh sehat dan tidak sehat, contoh benih yang tumbuh kerdil dan berpenyakitan.

Penyamaian benih kalian bisa menyemainya di polybag, baki, tray semai atau petakan tanah. dalam media tanamnya kalian bisa menggunakan cocopeat, campuran tanah dan juga arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, yang kemudian ditutupi dengan tanah halus ataupun arang sekam.

Pada setiap lubang semai masukan 2-3 benih saja, hal ini agar benih bisa mendapatkan ruang yang cukup dalam pertumbuhannya nanti. selama penyemaian rawatlah benih sampai waktu pemindahan tanam. waktu pertumbuhan benih sekitar 5 -7 hari.

Persiapan media tanam hidroponik

Ketika anda melakukan penyemaian ada baiknya anda menyiakan tempat untuk budidaya cabai hidroponik yang akan anda lakukan.
media tanam hidroponik kalian bisa gunakan dengan campuran cocopeat dan arang sekam perbandingan 1:1 yang diaduk hingga rata. tempat hidroponik kalian bisa gunakan dari pipa atau botol aqua. media tanam tadi sangat mudah sekali dijumpai disekitar kalian, namuan terdapat juga bila kalian ingin membelinya di toko onnutriline.

Penanaman bibit cabe hidroponik

Benih cabe yang telah disemai baru akan siap tanam pada umur 25 -30 hari. dalam pengambilan bibitnya lakukakan dengan hati-hati, caranya agar akar tidak rontok basahi/siram media semai agar dalam pencabutannya akan lebih mudah dan akar terhindar dari kerusakan.

Kalian juga bisa memindahkannya dengan tempat media tanam sebelumnya, tinggal merendamkannya terlebih dahulu ke dalam bak air untuk memisahkan tanah dengan hati-hati. setelah itu tinggal menanam bibit kedalam pot yang telah dipersiapkan. setelah penanaman, siram dengan air secukupnya.

Tempatkanlah bibit yang baru ditanam mulai tumbuh di tempat yang teduh, tanaman tidak perlu terpapar cahaya matahari secara langsung, biarkan tanaman beradaptasi dengan cahaya matahari luar/pantulan jika sudah 5-7 hari baru bisa mulai disinari matahari secara langsung. ini dikarenakan pertumbuhan tanaman masih belum optimal dan menghindari dari layu pada tanaman.

Nutrisi untuk cabe hidroponik

Dalam budidaya cabai hidroponik media tanam memiliki keterbatasan dalam hal ketersidiaan unsur hara yang berperan penting dalam asupan nutrisi bagi tanaman. maka dari itu perlu adanya nutrisi untuk pertumbuhannya.
nutrisi AB Mix merupakan nutrisi khusus yang telah tersedia untuk macam-macam tanaman hidroponik. pemberian nutrisi pada tanaman setelah umur 5 – 7 hari, hal ini menghindari tanaman kaget dengan asupan nutrisi yang bisa saja merusak tanaman.

Pada awal pertumbuhan, berikan nutrisi 600 – 700 ppm setara 5ml nutrisi A ditambah 5 ml nutrisi B serta dicampurkan dengan 1 liter air. dalam penggunakan air sungai ataupun air sumur tidak apa-apa, namun jika kalian menggunakan air pam ada baiknya terlebih dahulu diendapkan selama beberapa menit. pemberian pupuk harusn disesuaikan dengan pertumbuhan cabe. setiap 10 harinya kalian bisa menaikan jumlah nutrisi sedikit demi sedikit hingga memeberikan nutrisi maksimal sampai 1260 – 1540 ppm.

Pemeliharaan tanaman cabe hidroponik

Seperti halnya tanaman pada umumnya, sistem budidaya cabai hidroponik juga memerlukan perawatan untuk menjaga produktivitas tanaman cabe tersebut, dalam penanaman cabe hidroponik kalian mesti hati-hati dalam perawatannya lebih sering lagi dalam melakukan peninjauan.
perawatan yang dilakukan dalam sistem hidroponik yaitu peninjauan nutrisi secara teratur. pencegahan hingga penanggulan penyakit dan gulma serta keperluan unsur hara. berikut beberapa cara dalam merawat tanaman cabai hidropponik :

a. pengontrolan nutrisi

Nutrisi sangat diperlukan sekali demi perkembangan tanaman maka dari itu ketersedianya harus selalu diperhatikan, jangan samapi kekeringan. Tanah yang lembab sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. maka dari itu ketersediaan nutrisi dan kelembaban tanah harus selalu diperhatikan dan diseimbangkan demi tercukupinya syarat tumbuh tanaman cabe.

b. Pencegahan dan penanggulangan penyakit tanaman

Jika tamanan cabe tidak diperhatikan tidak ada pencegahan yang dilakukan serangan hama penyakit dapat menyerang tanman. penyakit yang sering menyerang tanaman hidroponik yaitu seperti tungau, kutu daun, ulat, busuk buah, bercak daun, dan lain-lain. untuk penanggulangannya bisa menggunakan pestisida oraganik atau bisa juga pestisida kimia yang dialkuaknsecara berkala, hindari pemakaian pestisida berlebih yang nantinya bisa merusak tanaman.

c. cukupi kebutuhan unsur hara tanaman

Cukupilah kebutuhan unsur hara dengan baik agar pertumbuhan tanaman produktivitasnya terjaga. kalian bisa meberikan pupuk daun seminggu sekali. ketika sudah memasuki fase generative ( ketiak sudah muncul bunga/buah), semprotkan pupuk buah. kalian bisa menggunakan pupuk Supergrow, POC Nasa atau lainnya.

Masa panen cabe hidroponik

Budidaya cabai hidroponik biasanya waktu pemanenan ketika sudah berusia 80-90 hari setelah tanam. ketika cabai sudah berwarna merah dengan tersisa warna hijau sedikit.
biasanya cabai yang memiliki ciri tersebut memiliki bobot yang maksimal. pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari untuk menjaga kesegaran hasil panen. hindarilah panen disiang hari tau malam hari karena kualitas cabai akan cepat menurun.

Kalian bisa baca juga :

Pembahasan umur panen cabai
Tanaman Cabai
Menanam Hidroponik

Demikian itulah beberapa hal yang diperlukan dalam sistem penanaman cabe sistem hidroponik, kini dengan mudah kalian bisa bertanam di halaman rumah dengan praktis dan mudah. untuk sekedar hobi atau konsisten sebagai usaha. dengan memanfaatkan peralatan yang ada media tanam hidroponik mudah untuk diterapkan.

Buat pertanyaan

Tag : #Hidroponik #Tanaman Cabai

author
Penulis: 
    Keep interesting, Creat good study habit

    Jenis Kelompok Cabai Termahal dan Terpedas di Indonesia 2018
    Jenis Kelompok Cabai Termahal dan Terpedas di Indonesia 2018
    3 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Menjadi Hidroponik
    3 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Menjadi Hidroponik
    Perbedaan Budidaya Hidroponik dan Konvensional
    Perbedaan Budidaya Hidroponik dan Konvensional