Apa Itu PETANI ? Kenapa Menjadi PETANI ?

Di PERTANIAN

Petani

Agrotani.com – Petani merupakan salah satu pekerjaan yang sangat mulia, di samping memberikan kehidupan kepada tanaman, tetapi para petani sangat berperan penting untuk kehidupan manusia. sebagai hal yang mendasar dari bebrapa bagian dan daerah di indonesia terkenal sebagai mayoritas penduduk bertani, mulai dari jaman dahulu indonesia sebagai petani.

Namun pada jaman sekarang para petani mungkin kurang di perhatikan, dengan alat dan bahan seadanya mereka mampu menghasilkan produk yang sangat di harapkan oleh semua masyarakat, bukan perkara mudah menghasilkan produksi, dengan alasan yang beragam kami juga tidak tahu dengan masalah ini kenapa petani sampaiu di pandang oleh orang lain berkotor-kotoran dan miskin, itulah mungkin di benak mereka yang memandang sebelah mata.

Kondisi ini memang sangat memperhatinan oleh kalangan petani yang sampai sekarang merauk penghasilan dari berbudidaya. Namun di sisi lain mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk menghidupi kebutuhan masyarakat yang tentunya membutuhkan makan, buah dan sayur demi kebutuhan perutnya.

PETANI


Dari sebagian besar masyarakat indonesia dari jaman duhulu, para orang tua kita sudah mengenal bagaimana bertani “Bercocok Tanam”. Anda bayangkan jika di negara kita tidak ada petani ? anda akan makan apa ? dan bagai mana dengan nasib anak cucu kita di masa depan, dengan tidak adanya kesadaran dari kita sejak dini. Pertanyaan itu sangat menyentuh dan memperhatinkan untuk kita telah lebih dalam, sedemikian banyaknya program dari pemerintah yang sampaisekarang sedang berjalan, mungkin ini bukan perkara mudah untuk mencapai swasembada pangan yang akan kita tuju. Namun ini bukan hal tidak mungkin untuk mencapai bagaimana cara agar kita bisa lebih baik dari tahun yang lalu. petani sebagai kiasan sumber hidup yang sebenarnya semua masyarakat sangat bergantung kepada mereka.

 

BERPIKIR PETANI


Petani adalah pemikir dan sebagai pinpinan yang sangat menentukan. Jangan kira petani hanya nyangkul dan setelah bekerja mereka pulang dan lalu sudah usai. bertani tidak mudah bahkan untuk satu biji yang anda makan pun harus menunggu beberapa bulan dan waktu itu tidak singkat, seperti anda memakanuya. petani sangat memikirkan bagaiman tanaman yang di budidayakan menjadikan dan menghasilkan berjuta manfaat untuk sesama umat.

 

SWASEMBADA PANGAN


Menghemat nasi yang kita makan harus di perhitungkan, agar tubuh bisa merasakan keragaman makanan, maksudnya, pernahkah anda melihat orang makan yang memakan nasi sepiring penuh ? dan lauk yang hanya sepotong tempe dan tahu ? sebenarnya hal ini menjadi paktor penyebab dari kekurangan pangan di indonesia selain jumlah penduduk yang semakin meningkat, karena mayoritas masyarakat indonesia menkonsumsi nasi yang sangat berlebih. Tubuh kita membutuhkan protein dan vitamin yang cukup, bagaimana dengan nasi saja yang di konsumsi ? tentu jelas 100% tubuh kita menkonsumsi protein dan karbohidrat saja, nasi itu manis tidak jangan heran banyak sodara kita menderita kencing manis. Ini lah salah satu faktor penyebab penyakit itu.

 

Petani sangat mencintai tanaman dan petani sangat berjasa di negri ini. Ketahanan pangan di bangun tidak terlepas dari anda sebagai peran utama, di mana anda yang menentukan bagaimana indonesia ini kedepan.

 

Siapkah anda untuk memajukan negri ini menuju indonesia yang lebih baik ?

Buat pertanyaan

Tag : #Petani

Zenzen Zainudhin

Seni adalah bertani

Tips sukses budidaya tanaman agar tidak gagal panen
Tips sukses budidaya tanaman agar tidak gagal panen
Tips Menjadi Petani Sukses
Tips Menjadi Petani Sukses
Pertanian modern yang baik dan benar
Pertanian modern yang baik dan benar
Menurunnya Minat Menjadi Petani Muda
Menurunnya Minat Menjadi Petani Muda
3 Cara Mudah Membuat Kelompok Tani
3 Cara Mudah Membuat Kelompok Tani
Kursus pertanian jangka pendek