Anggrek Bulan

Di PERTANIAN

Anggrek bulan

ANGGREK BULAN


AGROTANI.COM – Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) atau dikenal denganb nama puspa pesona di indonesia sebagai bunga nasional. Penemu pertama adalah  Dr. C.L. Blume senior ahli botani. Anggrek ini sangat berbeda dengan anggrek lainya dengan beberapa keunikan yang menonjol pada kelopak bunga dan warnaputih yang menjadi cirikhas dari anggrek ini.

Anggrek ini dapat anda temukan dan tersebar luas  dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, sampai ke Australia. Anggrek bulan hidup berdasarkan epifit dan biasanya menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan, sering juga di sebut sebagi lantai hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter di atas permukaan laut.

Temperatur yang di senangi anggrek bulan yaitu pada siangh hari 18 – 21 °C dan pada malam hari 13 – 18 °C dengan kelembaban 70%, biasanya tanaman dengan kelembaban di atas 70% akar serta organ lainya akan cepat busuk akibat jamur atau bakteri. Di sarankan anda mempertahankan kelembaban yang optimal bagi prakaran dan yang lainya.

 

Karakteristik tanaman


Anggrek bulan termasuk ke dalam keluarga monopodial, keluarga monopodial tidak menyukai cahaya matahari langsung, melainkan mereka cenderung menyukai cahaya yang teduh. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Anggrek bulan memiliki akar berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang dengan akar berdaging yang berfungsi sebagai cadangan hidupnya. Pada bunga anggrek bulan kurang memiliki wangi jika di cium dan jumlah waktu mekarnya sangat lama, ukuran bunga ini berkisar antara 10 cm.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

Anggrek bulan ketika mekar sangat indah, biasanya di gunakan untuk hiasan di rumah atau pekarangan, karena anggrek ini sangat mudah sekali di rawat mengenai itu, jenis anggrek bulan sekarang sudah banyak inovasi serta banyak jenis dari varietas baru, seperti anggrek bulan hibrida dan lainnya. Anggrek bulan termasuk dalam golongan anggrek monopodial yang artinya anggrek tersebut tumbuh ke atas dari satu batang pada sisi batang dari arah bawah. Anggrek bulan merupakan anggrek yang tidak cepat layu dan bahkan batang bunga yang sudah rontok bisa menghasilkan cabang bunga baru asalkan perawatan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhannya.

Buat pertanyaan

Tag : #Anggrek

Zenzen Zainudhin

Seni adalah bertani