2 Jenis perbanyakan tanaman yang sangat mudah

Di PERTANIAN

Agrotani.com – 2 Jenis perbanyakan tanaman yang sangat mudah – Perbanyakan tanaman itu terbagi menjadi dua yaitu vegetatif dan generatif. Dengan begitu sangat memudahkan kita dalam perbanyakan tanaman yang bisa menghasilkan tanaman unggul, namun bahasan ini cukup panjang untuk anda maka izinkan saya berlahan untuk menjelaskan semuannya.

2 jenis persemaian

Kita tidak bisa lepas dari pangan sebagai kebutuhan kita, maka perbanyakan tanaman mau tidak mau kita harus bisa melakukannya. Jumlah kebutuhan tanaman baru dari tahun ke tahun terus meningkat. Kondisi demikian diakibatkan terus bertambahnya jumlah penduduk dan juga karena menurunnya kesuburan tanah, namun kita sebagi petani memiliki PR yang sangat serius sekarang ini. Perbanyakan tanaman ini bisa anda lakukan di rumah sendiri, dengan begitu cara-cara untuk perbanyakan bisa dengan mandiri dilakukan.

Dari tanaman pangan seperti padi, jagung, kacang tanah, dan kedelai, dilakukan dengan cara menanam biji. Hampir sama dengan tanaman sayuran hampir sama dengan tanaman buah-buahan dan tanaman hias serta tanaman lainnya. Tanaman-tanaman tersebut umumnya diperbanyak dengan biji. Biji yang digunakan untuk bibit tanaman sering disebut benih. Jadi sudah jelas jika anda bingung mana bibit dan mana benih itu sangat berbeda. Sebelum anda memulai ke tahap selanjutnya ada baiknya anda mengenal beberapa ciri dan jenis tanaman, agar anda bisa menghasilkan memperbanyak tanaman yang unggul.

Mulai dari dinas pertanian sampai ke para peneliti terus berusaha untuk menghasilkan varietas atau klon baru yang lebih baik dari sebelumnya atau varietas unggul. Kenapa dikatakan unggul ? Tanaman-tanaman yang unggul adalah tanaman yang menghasilkan produksi yang tinggi, tahan terhadap serangan hama dan penyakit tertentu, serta mempunyai cita rasa yang enak. Dengan begitu maka di negara kita banyak benih hibrida bermunculan. Disebut hibrida karena merupakan hasil pengawinsilangan dari tanaman-tanaman unggul. Benih hibrida ini tidak bisa digunakan secara terus menerus. Jika anda memaksakan benih hibrida ditanam maka besar kemungkinan tanaman tidak akan sebagus sebelumnya.

Yang paling mudah dalam perbanyak tanaman adalah dengan cara perbanyak dari biji. Misalnya, padi, jagung, tanaman kacang-kacangan, semangka, melon, cokelat, kelapa sawit, cabai, wortel, dan sebagainya.

Seperti yang saya janjikan tadi maka ada beberapa tahapan dalam pembelajaran agrotani sekarang ini. Biasakan anda membaca tuntas bukan sekedar lewat. Link di bawah ini akan mengarahkan anda pada bagian-bagian yang sudah saya sediakan silahkan anda ikuti tahap demi tahap :

Bagian 1


1. Kelebihan dan kekurangan menanam dari biji

Buat pertanyaan

Tag : #Persemaian

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani

Cara menyemai biji di wadah menggunakan teknik baru
Cara menyemai biji di wadah menggunakan teknik baru
Mengenal Masalah pada Biji Tanaman dan Cara Mengatasinya
Mengenal Masalah pada Biji Tanaman dan Cara Mengatasinya
Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih Tanaman
Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih Tanaman